Investasi Properti Sangat Penting Bagi Masa Depan Milenial

Usaha Usaha Dagang, Bisnis – Masyarakat khususnya dikalangan milenial, harus berusaha sejak dini untuk memiliki rumah atau hunian property lainnya. Karena, selain merupakan kebutuhan primer di samping pangan dan sandang, property juga bisa memberikan jaminan ketenangan hidup sekaligus investasi pada masa depan.

“memiliki rumah menjadi salah satu kebutuhan yang penting. Property juga merupakan investasi yang sangat menjanjikan karena nilainya akan terus bertambah,” kata direktur Konsumer Bank BRI, Handayani, dalam webinar peluncuran “KPR BRI Virtual Expo 2021” yang dipusatkan di Jakarta.

Dijelaskannya, kepemilikan rumah sejak dini sangat krusial, khususnya bagi kalangan milenial yang umumnya telah memiliki penghasilan memadai. Kebutuhan itu terasa makin penting di masa pandemi virus Corona (Covid-19) seperti sekarang ketika rumah sudah bertransformasi menjadi “kantor atau sekolah kedua”.

“Kalau kita menunda memiliki rumah, akan makin sulit memilikinya di masa depan,” terangnya.

Dalam webinar yang juga menampilkan Handaru Sakti (Wakil Presiden Divisi Penjualan Pinjaman Konsumer dan Pengembangan BRI), Alim Gunadi (Sinar Mas Land) dan Mikha Angelo (musisi/figur publik) itu, Handayani menjelaskan, sekarang ini masyarakat sudah semakin mudah untuk memiliki rumah, utamanya dengan kredit pemilikan rumah (KPR) sebagaimana program yang dimiliki BRI yang menawarkan berbagai keuntungan.

“Semakin muda kita berinvestasi di properti, akan semakin baik karena jangka waktu KPR makin panjang,” tambahnya yang sebelumnya juga menyarankan kalangan milenial lebih bijak dengan mengalokasikan penghasilannya untuk berinvestasi di properti daripada dihabiskan untuk bersenang-senang semata.

Direktur Konsumer ini juga mengungkapkan, saat ini pihaknya telah melayani kredit KPR melalui 467 kantor cabang BRI di seluruh Indonesia. Sepanjang 2020, BRI juga membukukan peningkatan penyaluran KPR sebesar 10,9 persen secara tahunan (year on year/yoy). Peningkatan ini lebih tinggi dibandingkan rerata industri.

Di sisi lain, proses pelayanan KPR di badan usaha milik negara (BUMN) ini sekarang juga bisa dilakukan lebih cepat lewat digital dan aplikasi BRISpot, termasuk pembukaan rekening digital. Melalui aplikasi ini, konsumen bisa mengajukan pinjaman KPR secara daring kapanpun dan di mana pun tanpa harus mendatangi unit kerja bank. Konsumen juga bisa memantau kemajuan pengajuan kredit tersebut.

“Dengan fitur-fitur yang terdapat di BRISpot, kami berusaha menciptakan pengalaman baru pelayanan perbankan secara digital yang memberikan kemudahan bagi konsumen maupun rekanan BRI,” tuturnya.

Terpisah, Wakil Direktur Utama BRI, Catur Budi Harto menyampaikan, kegiatan ini merupakan gelaran perdana ekspo properti secara virtual. Dengan mengusung konsep tiga dimensi (3D), ekspo ini diharapkan bisa membuat pengunjung seakan berada di pameran properti sesungguhnya.

Ditambahkannya, ini juga merupakan komitmen BRI dalam mendukung program pembiayaan sejuta rumah bagi masyarakat. Selain itu, wujud nyata upaya pihaknya dalam membantu mengatasi selisih kebutuhan rumah yang saat ini masih cukup besar.

Sementara, Handaru Sakti memaparkan, sebanyak 200 proyek property pilihan mengikuti “KPR BRI Virtual Expo2021”. Pameran ini dilangsungkan selama dua bulan, 26 Januari – 26 Maret 2021 dengan menargetkan 3jt pengunjung.

Pada pameran virtual ini, ratusan proyek property yang berasal dari seluruh Indonesia telah dikurasi dan diseleksi secara ketat. Dengan demikian, KPR BRI Virtual Expo ini menjadi pameran yang memiliki cakupan wilayah terluas dengan jangka waktu terlama dan terbesar di Indonesia. Pengunjung bisa mengakses langsung pameran ini di situs yang ada.