November Diprediksi Akan Alami Inflasi di 0,18-1,23%

Usaha Usaha Dagang, Bisnis – Untuk bulan November 2020, Indeks Harga Konsumen diprediksikan akan mengalami inflasi tetapi berada pada level yang rendah. Dimana Badan Pusat Statistik akan mengumumkan sendiri Indeks Harga Konsumen pada hari ini pukul 11.00 WIB.

Josua Pardede, Kepala Ekonom Bank Permata memprediksikan secara bulanan angka inflasi di bulan November sebesar 0,18% sedangkan secara tahunan sebesar 1,50%. Inflasi di bulan November ini terjadi setelah pada bulan sebelumnya terjadi deflasi sekitar 0,07%.

Josua mengatakan Inflasi yang terjadi di bulan November didorong oleh bergejolanya kenaikan harga dari sebagaian besar komoditas pangan. Komoditas pangan tersebut terdiri dari daging ayam, daging sapi, telur ayam, bawang merah, bawang putih, cabai rawit, minyak goreng. Sedangkan untuk harga cabai mereh mengalami penurunan harga.

Sampai akhir tahun, Josua memprediksikan angka inflasi nasional akan berada di bawah 2% bahkan angka ini lebih rendah dari batas bawah target inflasi Bank Indonesia (BI). Angka tersebut merupakan hasil dari mempertimbangkan inflasi dari sisi permintaan yang masih lemah selama pandemi virus Corona.

Menurut pengamatan peneliti ekonomi senior, Eric Alexander Sugandi dari Institut Kajian Strategis (IKS) angka inflasi yang akan terjadi pada bulan November sebesar 0,23% secara bulanan, sedangkan secara tahunan sebesar 1,55%.

Eric juga mengatakan bahwa kenaikan laju inflasi ini disebabkan oleh mulai membaiknya daya beli masyarakat seiring dengan meningkatnya aktivitas ekonomi selama periode adaptasi kebiasaan bari (AKB) dan juga dari program bantuan pemerintah ke rumah-rumah tangga.

Bahkan meningkatnya angka inflasi di bulan November tersebut juga dipengaruhi oleh persiapan natal dan tahun baru yang terjadi pada akhir bulan Desember 2020.

Institut Kajian Strategis (IKS) memprediksikan angka inflasi akhir tahun 2020 berada pada angka 1,2% year-on-year (yoy), walaupun memiliki potensi sedikit lebih tinggi pada angka 1,3%, jelas Eric.