Ajakan Kerja Sama Jokowi ke Jepang demi Pulihkan Ekonomi

Usaha Dagang, Dunia – Demi memulihkan perekonomian untuk negara terdampak pandemi COVID-19, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak Jepang untuk bekerja sama dengan ASEAN. Perjuangan melawan pandemi menurut Jokowi masih jauh dari kata usai. Sehingga tidak ada pilihan lain bagi negara selain demi bekerja sama dan saling bahu membahu demi menggerakkan perekonomian tanpa mengabaikan protokol kesehatan.

Jokowi pun mengajak Jepang bekerja sama dengan negara-negara ASEAN mengingat potensi kedua belah pihak sangat besar.

Pada 2019 misalnya, Jokowi mengatakan investasi Jepang di ASEAN mencapai US$ 20,3 miliar, terbesar kedua di kawasan. Volume perdagangan ASEAN-Jepang mencapai US$ 225,9 miliar. Kunjungan wisatawan mencapai sekitar 10 juta orang antara keduanya.

Menurut Jokowi, ada dua bentuk kerja sama yang bisa dilakukan ASEAN dan Jepang untuk memulihkan kondisi ekonomi kawasan di tengah pandemi.

Pertama, kerja sama untuk mempercepat pemulihan ekonomi itu sendiri. Jokowi yakin ASEAN bisa menjadi mitra utama Jepang dalam mendiversifikasi rantai pasokan sekaligus memperluas investasi.

“Pandemi juga mengajarkan kepada kita bahwa ketahanan ekonomi sangat erat kaitannya dengan jaminan kesehatan. Penguatan sistem jaminan kesehatan harus menjadi prioritas kerja sama ASEAN dan Jepang,” ujarnya.

Untuk itu, Jokowi memandang pembentukan ASEAN Center for Public Health Emergency and Emerging Diseases sangat penting dan mendesak. Indonesia sendiri siap menjadi pusat operasi.

Kedua, ASEAN dan Jepang dapat bekerja sama untuk meningkatkan kepercayaan strategis dengan menciptakan situasi yang kondusif di kawasan. Sebab, stabilitas keamanan merupakan prasyarat bagi pergerakan ekonomi.

“Di tengah penurunan global, saat ini tidak ada ruang untuk defisit kepercayaan. Di sisi lain, strategic trust harus diperkuat, ”imbuhnya.

Terakhir, Jokowi yakin hal ini bisa tercapai jika masing-masing pihak mengedepankan paradigma win-win dan berkolaborasi satu sama lain. Ia menambahkan, ASEAN dan Jepang dapat menjalin kerja sama yang lebih konkrit melalui ASEAN Outlook on the Indo-Pacific framework.