RI Bujuk Inggris Tidak Mebuat Aturan yang Menggangu Ekspor Kopi-Sawit.

BisnisMenteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi bersama Menteri BUMN Erick Thohir melakukan serangkaian pertemuan bilateral di Inggris.

Selain membahas kerja sama vaksin keduanua turut membahas masalah perdagangan antar Inggris dan Indonesia.

Retno mengatkan soal perdagangan Indonesia dan Inggris, Rencana Inggris akan meninjau produk unggulan buatan Indonesia seperti Biji Kopi, Kayu, hingga Kelapa Sawit untuk di ekspor ke negara Inggris, Retno khawatir hal tersebut bisa memperlambat proses perdagangann Indonesia dengan Inggris.

Saya menyampaikan kekhawatiran Indonesia terhadap rencana Inggris memberlakukan tindakan due diligence untuk beberapa komoditas pertanian, Termasuk Kelapa Sawit, Biji Kopi, Kayu dan Produk Kayu buatan Indonesia, Uacap Retno dalam konferensi virtual pada hari Rabu 14/10/2020.

Rencana tersebut dinilai memiliki potensi menciptakan hambatan terhadap ekspor Indonesia ke Ingrris, Maka dari itu pemerintah Indonesia menjalin kerjasama dengan pemerintahan Inggris dan mendiskusikan kembali rencana kebijakan atas produk-produk unggulan Indonesia Seperti Pertanian.

Di sisi lain Retno mengapresiasi rencana sejumlah investor Inggris seperti Aggreko yang berminat investasi bidang energi terbarukan dan merencanakan kegiatan operasinya di Indonesia mengandalkan suplai dari solar cell atau listrik tenaga matahari.

Kemudian perusahaan asal Inggris lainnya Orbital Marine Power juga merencanakan membangun proyek pembangkit listrik tenaga angin yang akan memproduksi energi 10MW di wilayah timur Indonesia.

Mengenai kerjasama investasi dengan Inggris, Saya menyambut baik minat kuat dari beberapa investor Inggris.