Dana Penisun Mau Dirombak Pemerintah, Ini Bocorannya

Usaha Dagang, Keuangan – Sistem dana pensiun yang sekarang sedang berlaku di Indonesia berpotensi untuk dilakukan perombakan atau mendesain ulang terhadap tata kelolanya. Perombakan yang akan dilakukan ini dikarenakan mempunyai potensi yang besar pada industri keuangan tanah air.

Dengan adanya beberapa bukti, Kementerian keuangan, ingin melakukan perombakan atau mendesain kembali sistem dana pensiun. Menurut data, aset dana pensiun telah mencapai angka sebesar Rp 834 triliun per tahun 2017.

Dimana angka tersebut mengalami peningkatan, yang sebelumnya di tahun 2014 sebesar Rp 561 triliun. Tingginya angka dana pensiun masih belum memegang peranan yang signifikan terhadap perkembangan industri keuangan nasional.

Askolani, Direktur Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan mengatakan bahwa desain tata kelola dana pensiun nantinya akan dibuat dengan menggunakan konsep keseimbangan antara keuangan yang cukup, pendanaan yang terjangkau serta program berkelanjutan.

Askolani juga mengatakan, keberlanjutan sisitem dana pensiun mensyaratkan bahwa elemen tata kelola dana pensiun serta tata pemerintahan yang baik akan sejalan dengan international best practice.

Data ini memperlihatkan masih terdapat banyak ruang pertumbuhan terhadap potensi dana pensiun di Indonesia. Kami juga sangat terbuka dalam mendengarkan sharing session dari para panelis dan peserta untuk bagaimana cara mempromosikan serta mendesain dana pensiun Indonesia di masa depan, ucap Askolani.

Askolani juga menyampaikan untuk meraih potensi maksimal, dana pensiun harus dikelola dengan cara yang baik dan prudent. Menurutnya, ini salah satu area yang dapat diperbaiki di Indonesia.

Salah satu contoh, manajer dana pensiun di Indonesia lebih sering menempatkan aset mereka ke instrument investasi jangka pendek dengan valatilitas rendah dan keuntungan yang rendah.

Praktik ini tidak sesuai dengan karakteristik dari program pensiun yang mempunyai suatu kewajiban (liabilitas) jangka panjang yang mengakibatkan kewajiban aset tidak sesuai (asset-liabilities mismatch), ucap Askolani.

Selain dari pada itu, penting juga untuk memastikan pengelolaan dana pensiun dibarengi dengan tata kelola pemerintah yang baik, hal ini secara khusus dilakukan untuk meningkatkan kepercayaan kepada berbagai industri dana pensiun.

Ada juga beberapa karakteristik tata kelola yang baik untuk industri ini yaitu tata kelola investasi yang tepat (proper investment governance), manajemen risiko yang efektif, mengedukasi transparangsi serta akuntabilitas dan juga dilakukan pengawasan yang kuat.