Subsidi Gaji Tahap IV Dipastikan Menaker Akan Ditransfer Selasa

Usaha Dagang, Keuangan – Ida Fauziyah, Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) memperkirakan BSU (Bantuan Subsidi Upah) tahap keempat akan disalurkan pada Selasa (22/9/2020) kepada 2,8 juta calon penerima.

Hal tersebut menurut Ida, sudah sesuai dengan pentunjuk teknis (juknis) yang mana akan diestimasikan selama 4 hari kerja.

Sedangkan untuk data calon penerima gelombang IV tersebut telah diterima oleh Kementerian Ketenagakerjaan sejak Rabu (16/9/2020), dari data BPJS Ketenagakerjaan.

Iya penyaluran dananya akan disalurkan pada Selasa (22/9/2020), ucap Ida, Minggu (20/9/2020).

Seperti yang diketahui, pemerintah sudah melakukan penyaluran dana subsidi gaji sebanyak tiga tahap melalui Kemenaker. Dimana masing-masing tahap dilakukan berbeda-beda, pada tahap I sebanyak 2,5 juta penerima subsidi, tahap II sebanyak 3 juta penerima.

Sementara yang masih berlangsung penyaluran dana tahap III sebanyak 3,5 juta penerima subsidi upah. Sehingga jika di total maka semua penerima sudah mencapai 9 juta pekerja yang memiliki kriteria sesuai dengan Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 14 Tahun 2020.

Yang dimana kriterianya adalah para pekerja yang memiliki penghasilan di bawah Rp. 5 juta, terdaftar aktif di BPJS Ketenagakerjaan serta mempunyai rekening yang aktif.

Adapun untuk tahap penyaluran subsidi upah menurut penuturan Menaker sebelumnya adalah empat hari yang digunakan untuk menyusuaikan kembali data tersebut (checklist).

Setelah verifikasi data selesai dilakukan, pihaknya akan langsung menyerahkan ke Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Kementerian Keuangan. Setelah itu, data akan diserahkan kepada empat bank yang tergabung dalam Himpunan Bank Milik Negara (Himbara).

Dari KPPN data akan langsung ditransfer ke bank Himbara, kemudian dari bank Himbara akan langsung diproses kepada rekening penerima, ucap Ida.