Peluang Bisnis UMKM di luar Sektor Usaha Makanan dan Pakaian

Usaha Dagang, Bisnis – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyampaikan bahwa untuk sektor UMKM diminta tidak hanya memproduksi dan menjual produk makanan, minuman, dan sandang.

Dalam mencari peluang bisnis, Luhut juga mengajak para pelaku UMKM untuk berpikir lebih out of the box khususnya di tengah pandemi Corona. Lalu selain makanan, minuman dan fashion, apa sajakah bisnis yang menguntungkan bagi UMKM?

Direktur Center of Reform on Economics (Core) Mohammad Faisal mengatakan di tengah krisis kesehatan seperti ini sektor kesehatan bisa menjadi pilihan bagi para UMKM. Ia mengatakan UMKM bisa menjual obat-obatan.

“Sekarang saya lihat sektor kesehatan sudah bagus lagi. Jual jamu misalnya, apalagi sekarang isu kesehatan sedang naik daun,” kata Faisal, Minggu (6/9/2020).

Produk jamu tradisional menurutnya akan laku di pasaran, dan memiliki potensi yang besar. Bahan-bahannya juga mudah ditemukan dan mudah dibuat.

“Produk jamu tradisional merupakan peluang bisnis dengan potensi baru yang besar, apalagi dengan pandemi seperti ini. Bahan bakunya juga mudah dan murah,” kata Faisal.

Di sisi lain, Ketua Umum Asosiasi UMKM Indonesia (Akumindo) Ikhsan Ingratubun mengatakan, UMKM juga perlu masuk ke produksi pangan. Pasalnya, selama ini banyak produk pangan yang diimpor.

Di tengah situasi Corona yang menyulitkan perdagangan internasional, terbuka peluang bagi UMKM untuk memenuhi kebutuhan pangan nasional dengan produknya.

“Industri makanan seperti pertanian, perkebunan, atau perikanan. Selama ini pasarnya masih banyak, tapi masih kalah dengan impor,” jelas Ikhsan.