Maraknya Mesin Impor di Indonesia

Usaha Dagang, Bisnis – Alat permesinan diketahui banyak diimpor oleh Indonesia. Kebanyakan mesin yang diimpor merupakan barang modal untuk produksi. Benda-benda tersebut padahal sudah bisa diproduksi oleh para pelaku industri dalam negeri.

“Produk mesin seperti yang kita tahu merupakan barang modal dari proses produksi dan ini sangat penting terutama dalam rangkaian proses produksinya. Dan kita masih banyak mengimpor untuk memasukkan barang modal masuk ke Indonesia,” ujar Menteri Perindustrian (Menperin), Agus Gumiwang Kartasasmita.

Ini menjadi pekerjaan rumah pemerintah agar impor bisa ditekan dan mendorong penggunaan mesin buatan dalam negeri, terutama yang dibuat oleh industri kecil dan menengah (IKM).

Menurutnya, pembuat perkakas mesin IKM perlu memanfaatkan teknologi digital untuk memperkenalkan produknya. Dalam hal ini pihaknya menyediakan forum melalui pameran produk virtual.

“Galeri mesin lokal yang bekerjasama dengan Blibli diharapkan dapat memudahkan pelaku usaha untuk mencari produk IKM yang memproduksi peralatan atau mesin lokal. Dengan hadirnya galeri mesin lokal diharapkan dapat memudahkan pelaku usaha dalam menemukan produk IKM yang memproduksi peralatan atau mesin lokal.Sehingga diharapkan dengan hadirnya peralatan dan mesin IKM di Indonesia akan memasuki trend bisnis digital yang akan berdampak pada ekspansi pemasaran dan jaringan UKM melalui teknologi digital,” jelasnya.

IKM diharapkan dapat menjadi ujung tombak industri manufaktur dan memenuhi kebutuhan dalam negeri.

“Selain itu, sektor IKM tidak akan lepas dari bagian-bagian proses produksi atau rantai pasok industri berskala besar. Ini tujuan kami, inilah misi kami bagaimana IKM dapat menutup pohon industri yang kosong untuk menjadi bagian dari mata rantai dalam pasok industri,” imbuhnya.