Terdampak Pandemi Corona Singapore Airlines PHK 4.300 Karyawan

Usaha Dagang, Dunia – Singapore Airlines (SIA) memberhentikan 4.300 karyawan atau sekitar 20 persen tenaga kerjanya akibat virus corona.

SIA adalah maskapai terbaru yang mengumumkan PHK besar-besaran karena tekanan virus corona.

Chief Executive Singapore Airlines Goh Choon Phong mengatakan, keputusan sulit diambil untuk mengurangi tekanan akibat ketidakpastian penyelesaian kasus corona.

“Terus terang, untuk kedepannya masih akan penuh dengan tantangan, mengingat harapan bahwa industri penerbangan akan pulih seperti sedia kala butuh waktu lama dan penuh ketidakpastian. Ini adalah titik di mana kami harus membuat keputusan yang sangat sulit untuk menerapkan langkah-langkah pengurangan staf secara tidak sukarela,” katanya seperti dikutip dari AFP, Jumat (11/9).

Ia menambahkan, di saat penyebaran virus corona, Singapore Airlines memang rawan mengalami tekanan kinerja dibanding maskapai besar lain di dunia.

Pasalnya, operator maskapai yang mengalami rugi bersih US$800 juta pada kuartal I tahun 2020 ini tidak memiliki pasar domestik dan sangat bergantung pada rute internasional.

Dia menambahkan, sejak pandemi, maskapai penerbangan hanya beroperasi 8 persen.

Sementara Menteri Transportasi Singapura Ong Ye Kung mengatakan, pemerintah akan berusaha membantu pekerja yang terkena dampak kebijakan Singapore Airline tersebut.