Begini Cara Cek Nama Penerima Bansos Non PHK BLT Rp500 Ribu

Usaha Dagang, Keuangan – Menteri Sosial Juliari Batubara menyatakan, pemerintah telah merealisasikan program Bantuan Sembako Non Program Keluarga Harapan (PKH) bagi 9 juta keluarga penerima manfaat (KPM). Setiap penerima akan mendapatkan dana tunai sebesar Rp 500 ribu.

Dana akan dicarikan langsung oleh pemerintah ke rekening Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) melalui mekanisme transfer dari Himpunan Bank Milik Negara (Himbara). Total Rp 4,5 triliun akan disalurkan ke masyarakat guna membantu daya beli di tengah pandemi virus corona atau covid-19.

“Pada 31 Agustus lalu, semuanya telah kami bagikan,” kata Juliari, Jumat (4/9).

Lantas, bagaimana cara orang mengecek apakah mereka terdaftar sebagai penerima atau tidak?

Untuk itu sangatlah mudah. Untuk mengetahui dapat atau tidaknya, masyarakat hanya perlu mengakses cekbansos.siks.kemsos.go.id.

Ini adalah situs resmi dari Kementerian Sosial yang bisa diakses oleh masyarakat luas terkait program bantuan sembako pemerintah.

Begitu masuk ke situs itu, masyarakat tinggal memilih jenis nomor identitas yang akan digunakan untuk melakukan pencarian. Ada tiga pilihan, yaitu nomor identitas yang terdaftar dalam Sistem Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), nomor kepesertaan BPJS Kesehatan, atau Nomor Induk Kependudukan (NIK).

Jika sudah memilih identitas yang akan digunakan, maka isikan nomor identitas di kolom berikutnya. Kemudian isikan nama sesuai dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Setelah itu masukkan kode captcha sesuai huruf yang muncul di layar. Selanjutnya, klik tombol ‘Cari’.

Sistem akan mengolah data yang dimasukkan dan mengeluarkan informasi tersebut baik dalam bentuk terdaftar maupun tidak. Hasilnya hanya perlu menunggu dalam beberapa detik.