Uang Baru Edisi Kemerdekaan Terbit 25 Tahun Sekali

Usaha Dagang, Keuangan – Bank Indonesia dan Kementerian Keuangan resmi menerbitkan mata uang baru pecahan nominal 75 juta lembar. Peluncuran mata uang ini bertepatan dengan peringatan Hari Kemerdekaan RI yang ke-75.

Gubernur BI, Perry Warjiyo mengatakan, pengeluaran uang peringatan kemerdekaan Republik Indonesia ini merupakan yang keempat kali.

Di mana penerbitan uang peringatan kemerdekaan pertama dilakukan di hari ulang tahun kemerdekaan yang ke-25 pada tahun 1970. Kemudian ke-45 pada tahun 1990 dan ke-50 tahun 1995.

“Kedepannya Insya Allah pengeluaran uang peringatan kemerdekaan akan dilakukan setiap 25 tahun sekali, sesuai usia 75 tahun kemerdekaaan RI uang peringatan kemerdekaan kali ini dikeluarkan dalam bentuk uang kertas dengan nominal Rp 75.000,” kata Perry.

Perry mengatakan, uang peringatan kemerdekaan 75 tahun RI ini secara resmi dikeluarkan dan diedarkan sebagai alat pembayaran yang sah pada hari ini.

Uang peringatan 75 tahun Kemerdekaan RI ini juga merupakan uang peringatan sebagai persembahan kebahagiaan kepada masyarakat dan bangsa Indonesia.

“Inovasi uang rupiah terus dilakukan inovasi berkala terencana untuk memastikan rupiah tetap menjadi kebanggaan kita bersama sebagai simbol kedaulatan NKRI,” jelasnya.

Perry menambahkan, pengeluaran dan pengedaran uang kemerdekaan 75 tahun merupakan bagian dari rencana percetakan uang tahun anggaran 2020. Perencanaan ini telah dilakukan sejak 2018 lalu.

“Hal ini disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat dengan mendasarkan pada ketentuan dan tata kelola sesuai dengan UU mata uang,” tandasnya.