Pemerintah Berikan Cashback Rp.750 Ribu Untuk Pembelian Produk UMKM

Usaha Dagang, Bisnis – Pemerintah akan memberikan stimulus belanja berupa cashback untuk pembelian produk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) guna menggenjot konsumsi di tengah pandemi Covid-19.

Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan Febrio Nathan Kacaribu mengatakan, program dengan nama Gerakan Bangga Buatan Indonesia ini merupakan bagian dari usulan baru untuk memanfaatkan anggaran sektor/kelembagaan sebesar Rp 8,1 triliun.

“Bangga buatan Indonesia saat ini sedang dipersiapkan. Kalau kita evaluasi sekarang, potensi realisasinya sangat besar,” ujarnya dalam diskusi virtual di Taklimat Media BKF, Rabu (19/8).

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan sudah menyampaikan rencana program ini melalui postingan akun instagram pribadinya. Diungkapkan bahwa pemberian cashback tersebut dapat mencapai Rp 750 ribu.

Selain itu, gerakan Bangga Buatan Indonesia ini juga merupakan bentuk sosialisasi pemerintah agar masyarakat dapat memasuki era digitalisasi. Pasalnya, cashback hanya akan diberikan kepada konsumen yang berbelanja melalui transaksi nontunai melalui bank atau dompet digital.

“Tentunya harus belanja produk UMKM dalam negeri, bukan produk buatan luar negeri melalui semua platform ekonomi digital yang dikenal di Indonesia,” jelas Luhut.

Luhut juga mengimbau kepada para menteri Presiden Joko Widodo (Jokowi) Jilid II untuk memperhatikan jalannya stimulus tersebut, karena ini merupakan salah satu visi Jokowi agar daya beli masyarakat bisa kembali kepada produk dalam negeri.

“Pandemi dan keterpurukan ekonomi ini merupakan tantangan dan ujian kita bersama, untuk itu menurut saya perlu dicarikan solusi untuk masalah tersebut bersama-sama sehingga dengan diluncurkannya program ini akan memunculkan optimisme serta adanya efek domino yang baik dalam penciptaan dan inovasi produk dalam negeri, ”ujarnya.