Jalini Kerja Sama, Asean dan Jepang Perangi Pandemi Covid-19

Usaha Dagang, Dunia – Negara yang termasuk dalam anggota Asean bersama Jepang telah melakukan kesepakatan untuk meningkatkan hubungan ekonomi antar negara di masa pandemi Covid-19.

Agus Suparmanto, Menteri Perdagangan RI mengatakan bahwa para menteri negara Asean serta Jepang mengapresiasi berbagai upaya yang telah dilakukan dalam meningkatkan hubungan ekonomi kawasan di masa pandemic Covid-19.

Dimana, Menteri perdagangan, Agus Suparmanto menjadi pemimpin delegasi Indonesia dalam Pertemuan Konsultasi ke-26 Para Menteri Ekonomi Asean (AEM)-Menteri Ekonomi, Perdagangan, serta Industri Jepang (METI Jepang) secara virtual, Jumat (28/8/2020).

Pertemuan tersebut adalah rangkaian pertemuan AEM yang berlangsung dari tanggal 22-29 Agustus 2020.

Menteri Perdagangan, Agus menjelaskan bahwa para menteri juga menyambut baik rekomendasi yang diberikan dalam menciptakan new era business environment yang dilakukan melalui percepatan digitalisasi, pengembangan sumber daya manusia, serta penguatan rantai pasok regional.

Asean bersama Jepang perlu melakukan terobosan untuk memulihkan kondisi ekonomi di masa pandemi Covid-19 melalui percepatan digitalisasi aktivitas perdagangan serte perwujudan kebijakan yang inovatif, ucap Agus dalam siaran pers, Minggu (20/8/2020).

Sehingga, para menteri menyambut baik usulan yang diberikan Jepang untuk melaksanakan Dialogue for Innovative serta Sustainable Growth (DISG) yang ialah salah satu aksi konkrit dari Asean-Japan Economic Resilience Action Plan yang telah diterbitkan pada 29 Juli 2020.

Implementasi the First Protocol to Amend AJCEP Agreement oleh lima negara yang ada dalam anggota Asean dan Jepang disambut baik oleh para menteri. Pada November 2020, ditargetkan bahwa implementasi penuh protocol tersebut dapat terlaksana oleh seluruh anggota Asean dan Jepang.

Protokol tersebut akan memperdalam serta memperluas kerja sama ekonomi Asean dan Jepang yang mana diharapkan bisa meningkatkan perekonomian kedua bela pihak di masa pandemi Covid-19.

Sebelum terjadinya pertemuan Konsultasi ke-26, Para Menteri Ekonomi Asean (AEM)-Menteri Ekonomi, Perdagangan, serta Industri Jepang (METI Jepang), melakukan dialog terlebih dahulu dengan Federation of Japanese Chambers of Commerce dan Industry in Asean (FJCCIA), Asean-Japan Business Council, serta The Japan External Trade Organization (JETRO).