China Batalkan Rencana Pembelian Perusahaan Susu Asal Australia

Usaha Dagang, Dunia – China Mengniu Dairy telah membatalkan rencana bisnisnya yaitu membeli perusahaan minuman asal Australia seharga US$ 430 juta. Proses akuisisi telah batal sejak Selasa kemarin. Pemilik Lion Diary dan perusahaan raksasa Jepang, Kirin, keduanya menyatakan persetujuan dari regulator tidak akan mungkin terwujud.

Kirin akan melepas Lion Diary yang merupakan perusahaan susu dan jus di Australia ke Mengniu. Kesepakatan itu ditaksir bernilai 600 juta dolar Australia atau setara dengan US$ 430 juta.

Sebenarnya beberapa regulator di Australia telah memberikan lampu hijau pada kesepakatan tersebut. Komisi persaingan dan konsumen Australia menyebut tidak ada masalah dan tidak akan ada pertentangan dalam proses akuisisi tersebut.

Hanya saja ketegangan antara Australia dan China beberapa bulan terakhir meluas hingga sektor perdagangan. Dimana Australia sendiri membuat marah China dengan menyerukan penyelidikan tentang asal usul penyebaran virus Corona. Hal itu juga membuat China menangguhkan impor daging sapi dan memberlakukan tarif tinggi.

Yang terbaru adalah munculnya laporan kesepakatan Mengniu bisa dibatalkan. Kedua belah pihak saat ini sedang menunggu persetujuan dari Badan Peninjau Investasi Asing Australia. Berdasarkan sumber yang tak ingin disebutkan namanya, Bendahara Josh Frydenberg telah memblokir transaksi tersebut.

Josh mengkonfirmasi kalau ia telah menginformasikan Mengniu Dairy bahwa aksi akuisisi bertentangan dengan kepentingan nasional.