Beberapa Hal yang Menurut Erick Bisa Dongkrak Tumbuhnya Ekonomi RI

Usaha Dagang, Keuangan – Menteri BUMN Erick Thohir mengungkapkan tiga hal yang bisa mendongkrak pertumbuhan ekonomi di tengah pandemi COVID-19. Pertama, terkait penyertaan modal negara (PMN) untuk PT Hutama Karya dalam pembangunan jalan tol.

Menurut Erick, hal tersebut dapat menjaga kesenjangan pertumbuhan ekonomi antara Jawa dan Sumatera.

Erick menjelaskan telah mendapat laporan langsung bahwa konsumsi listrik untuk jalan tol yang terhubung dari Palembang dan Lampung mengalami peningkatan. Oleh karenanya jalan Tol Sumatra menjadi sebuah kebijakan harus dilanjutkan dan diharapkan dapat menjaga keseimbangan perekonomian.

Dukungan program pariwisata lanjut Erick juga dapat mendorong pertumbuhan ekonomi. Misalnya Pelindo III dan Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) akan menjadikan Bali sebagai hub pariwisata nasional. Menurut Erick, selama ini dunia penerbangan sangat bagus, namun wisata bahari masih tertinggal.

“Oleh karena itu dalam pengembangan Pelindo III kemarin sudah disepakati dengan banyak kementerian, kami akan membangun Pelabuhan Benoa sebagai pelabuhan pariwisata yang juga dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi bahari sehingga juga terkoneksi dengan konektivitas ke Labuan Bajo,” ujarnya.

Terakhir, kata Erick, prioritas pembangunan kawasan industri di Batang, Jawa Tengah. Erick mengatakan, pihaknya mendukung program relokasi kawasan industri agar lebih kompetitif dengan negara lain.

“Karena itu kami membutuhkan dukungan pemerintah untuk PNM ini,” ujarnya.