Transaksi Uang Elektronik Yang Naik di Pandemi Corona

Usaha Dagang, Bisnis – Bank Indonesia mencatat adanya transaksi uang elektronik meningkat dengan pesat di masa pandemi virus corona yang ada di Indonesia

Destry Damayanti selaku Deputi Gubernur Senior BI mengatakan bahwa nominal transaksi uang elektronik di bulan April 2020 mencapai Rp17,6 triliun atau meningkat 16,7 persen dibandingkan dengan bulan Maret 64,5 persen dan juga saat dibandingkan dengan periode tahun sebelumnya. Meski begitu secara volume jumlah transaksi uang elektronik turun menjadi 19 persen di bandingkan dengan bulan sebelumnya.

Berdasarkan catatan BI penurunan tersebut terjadi mulai dari adanya transaksi di mesin ATM, kartu kredit, kartu debit, sampai dengan uang elektronik. Kondisi yang menyusul juga minimnya transaksi masyarakat selama pembatasan sosial berskala besar. Dengan begitu Destri menuturkan bahwa hal ini menjadikan makin meningkatnya nominal per transaksi uang elektronik. Serta transaksi uang elektronik non-bank dompet digital menjadi pilihan utama dengan porsi hampir 90 persen dari adanya volume total transaksi. Untuk masyarakat juga lebih mengandalkan adanya transaksi pembayaran menggunakan digital banking, saat membuat transaksi pada saluran tersebut meningkat di 37,35 persen.