Selama Pandemi Transaksi Mobile Banking BTN Naik Hingga 30 Persen !

Usaha Dagang, Bisnis – PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk saat ini terus melalukan penyaluran kredit dalam mejaga daya beli masyarakat di tengah Covid-19.

Direktur keuangan Bank BTN Nixon Napipulu mengatakan bahwa dalam penyaluran kali ini, BTN juga mendorongb debitur untuk memanfaatkan teknologi. Hasilnya tranksaksi online BTN selama pandemi terus meningkat.

“Transaksi mobile banking BTN meningkat hingga 30 persen dalam tiga bulan terakhir, jumlah penggunanya juga tumbuh lebih dari 30 persen. Angka ini tidak pernah kita lihat sebelumnya,”kata Nixon.

Menurut Nixon, meski banyak kerugian yang dialami selama pandemi, kondisi seperti ini justru memaksa nasabah untuk lebih aktif menggunakan layanan perbankan digital.

Sebagai contoh, meskipun masih ada aturan pembatasan sosial berskala besar di sebagian wilayah, calon pembeli rumah tetap aktif mencari hunian melalui fitur digital BTN Properti.

Dia kembali melanjutkan, jumlah pengunjung BTN Properti sampai akhir Juni 2020 tercatat telah mencapai 2,6 juta.

Hingga saat ini BTN sudah menyalurkan 212 ribu debitur. Adapun mayoritas diantaranya atau lebih dari 200 ribu merupakan debitur KPR sisanya dari pengusaha.

“Yang paling banyak diminta adalah penundaaan pembayaran tenor 6 hingga 12 bulan,”lanjutnya.

Ia juga menyarankan, untuk proses penyaluran kredit ini, para debitur harus lebih proaktif dalam mengajukan restrukturisasi dengan mendatangi bank yang bersangkutan.

“Tentang restructuring Kredit, mungkin memang bapak mesti lebih proaktif ke banknya. Jangan menunggu jadi bapak datang ke bank,” tandasnya.