RI Impor Daging Serta Jeroan 68 Ribu Ton Hingga Bulan Juli

Usaha Dagang, Bisnis – Kementan atau Kementrian Pertanian mencatat adanya realisasi Impor Daging dan jeroan sapi atau kerbau dengan sebesar 68.125 ton hingga Juli di 2020.

Realisasi tersebut setara dengan 18 persen dari rekomendasi impor yang diberikan oleh pemerintah untuk tahun ini yaitu 379.050 ton. Endang Ekowati selaku Kepala Sub Direktorat Sanitary dan Standardisasi Kementan menyatakan bahwa impor daging dan jeroan sapi atau kerbau tersebut didatangkan dari lima negara yang termasuk urutan tersebesar seperti Australia, Jepang, Spanyol, Selandia Baru, dan Amerika Serikat.

Ia juga menjelaskan dengan harga daging sapi, kerbau di era new normal baru cenderung stabil. Hal ini dikarekan tidak lepas dari pasokan yang relatif cukup, di 9 Juli 2020 Kementan mencatat stok daging sapi dan kerbau tersedia di 32 gudang importir yang tersedia di lima provinsi. Direktur Kesehatan Hewan yaitu Fadjar Sumping Tjatur Rasa menyatakan adanya stok daging sapi dan kerbau di Juni 2020 dengan sebanyak 121.080 ton dengan tingkat kebutuhan sebesar 54.598 ton.