Pabrik yang Resmi Dibangun di RI Setelah Hengkang dari China

Usaha Dagang, Bisnis – PT Meiloon Technology Indonesia merupakan salah satu dari beberapa pabrik yang diketahui setelah hengkang dari China kemudian membangun pusat bisnisnya di Indonesia. Perusahaan tersebut dibangun di daerah Subang, Jawa Barat dan merupakan perusahaan yang telah melakukan relokasi pabrik dari Suzhou, China.

Selain Meiloon, ada sekitar enam perusahaan asing lainnya yang telah melakukan komitmen akan merelokasi pabrik mereka ke Indonesia. Hari ini, Meiloon (perusahaan asal Taiwan) akan melaksanakan groundbreaking sebagai tahap awal pembangunan pabrik. Bidang usaha dari perusahaan tersebut diketahui bergerak di bidang industri audio, speaker dan video elektronik.

“Perusahaan kami perusahaan terbuka yang telah memiliki pengalaman selama 48 tahun dan bagi Meiloon, hari ini merupakan hari tonggak bersejarah yang sangat penting. Dan perusahaan kami adalah perusahaan OEM dan ODM terkemuka dengan produk speaker seperti JBL serta lainnya,” ujar CFO Meiloon Group Eva Kuo saat menghadiri acara groundbreaking, Selasa (21/7/2020).

Dalam kurun waktu sekitar 2 tahun terakhir, dijelaskan olehnya sebelum akhirnya memilih Indonesia bahwa pihaknya telah melakukan survey dan juga evaluasi ke beberapa negara di dunia. Namun akhirnya memilih Subang sebagai lokasi terbaiknya dalam melakukan investasi.

“Kepada pemerintah Indonesia kami sangat berterimakasih atas segala dukungan yang selama ini telah diberikan terutama tim BKPM, pemerintah provinsi Jawa Barat serta pemerintah kabupaten Subang,” katanya.

Lebih lanjut, pihaknya berkomitmen akan memberikan dampak ekonomi bagi masyarakat Indonesia dengan membuka ribuan peluang pekerjaan serta melakukan transfer pengetahuan.

Mengenai perusahaan yang merelokasi pabriknya ke Indonesia, berikut informasi dari 7 perusahaan tersebut :

1. PT Meiloon Technology Indonesia
Merupakan pabrik di Taiwan dan China dan sebagai pusat produksi pasar global. Diketahui pabrik ini relokasi dari Suzhou, China.

2. PT Sagami Indonesia
Dikarenakan biaya pabrik dan tenaga kerja di Indonesia lebih kompetitif sehingga akhirnya relokasi ke Indonesia dari sebelumnya di Shenzen, China.

3. PT CDS Asia (Alpan)
Untuk tarif impor produk dari Indonesia ke Amerika tidak dikenakan biaya (0%) dibandingkan dari China ke Amerika (25%) sehingga pabrik yang berlokasi di Xiamen, China relokasi ke Indonesia.

4. PT Kenda Rubber Indonesia
Karena meningkatnya permintaan pasar di Indonesia sehingga pabrik yang berlokasi di Shenzen, China relokasi ke Indonesia

5. Denso, PT Denso Indonesia
Setelah dilakukan riset ke berbagai negara di kawasan ASEAN sehingga pabrik yang berlokasi di Jepang akhirnya memilih Indonesia sebagai lokasi terbaik.

6. PT Panasonic Manufacturing Indonesia
Pabrik yang berlokasi di China ini karena Indonesia ingin dijadikan pasar basis ekspor untuk berbagai kategori produk home appliances sehingga merelokasikan ke Indonesia.

7. PT LG Electronics Indonesia
Untuk menjangkau pasar Asia dan Australia, pabrik yang berlokasi di Korea Selatan ini rencana ingin menjadikan Indonesia sebagai regional hub baru.