Ketidakpastian Suku Bunga BI Akan Tetap Atau Mengalami Penurunan

Usaha Dagang, Keuangan – Hasil dari rapat antar dewan gubernur (RDG) bulanan untuk periode Juli hari ini akan diumumkan oleh Bank Indonesia (BI). Dimana yang akan diumumkan dari hasil rapat tersebut adalah mengenai suku bunga acuan (BI 7 Days Reverse Repo Rate).

Yang diperkirakan saat ini adalah mengenai langkah apa yang akan diambil oleh BI dengan kondisi inflasi yang rendah karena permintaan masyarakat yang menurun.

Proyeksi dari Ekonom PermataBank Josua Pardede bahwa BI berpotensi akan memangkas bunga acuan sejumlah 25 basis poin (bps). Hal tersebut berdasar penilaian Josua sejalan dengan indikator makroekonomi.

Mengingat inflasi dari sisi permintaan yang cenderung rendah sehingga menimbulkan tekanan inflasi yang juga cenderung rendah sehingga diindikasikan daya beli masyarakat menurun tajam.

Kemudian dilihat dari perkembangan nilai tukar rupiah yang cenderung stabil belakangan ini dimana hal tersebut ditunjukkan dengan volatilitas nilai tukar rupiah yang merosot tajam dlihat dari one-month implied volatility yang menurun hingga mencapai 11,3% di bulan Juli. Untuk bulan Juni masih di kisaran 12-13%. Dan untuk penurunan tersebut diketahui sejalan dengan menurunnya volatilitas di pasar keuangan global.

Selanjutnya pada kuartal II-2020 diperkirakan untuk defisit transaksi berjalan (CAD) lebih rendah dari defisit pada kuartal I-2020 dimana yang tercatat mencapai minus 1,4%.

Menurunnya defisit transaksi berjalan menurut Josua terindikasi dari surplus neraca perdagangan yang terpantau pada kuartal  II-2020 dimana tercatat surplus sebesar U$ 2,91 miliar dan diketahui mengalami peningkatan dari surplus sebelumnya yaitu US$ 2,59 miliar.

Dalam satu hingga dua minggu terakhir untuk suku bunga instrumen BI yaitu Reverse Repo SUN menunjukkan tanda-tanda penurunan sehingga mengindikasikan menurunnya suku bunga acuan BI.

Menurut Eric Sugandi yang merupakan peneliti Ekonomi Senior Institut Kajian Strategis (IKS) Universitas Kebangsaan Republik Indonesia, BI diproyeksikan akan mempertahankan BI 7 Day Reverse Repo Rate di angka 4,25%.