Hubungan AS-China Kian Memanas, Saham Wall Street Anjlok !

Usaha Dagang, Dunia – Saham di Amerika Serikat jatuh pada perdagangan Jumat , karena Wall Street mengakhiri minggu perdagangan yang fluktuatif. Hal ini dikarenakan hubungan AS-China yang semakin panas.

Dow Jones Industrial Average menurun 182,44 point atau 0,6 persen menjadi 26.469,89.

S&P 500 turun 0,6 persen atau 20,03 poin menjadi 3.215,63. Sedangkan Nasdaq Composite turun 0,9 persen atau 98,24 poin menjadi 10.363,18.

Salah satu saham di Dow, Intel anjlok lebih dari 16 persen setelah produsen dari chip tersebut menawarkan panduan yang mengecewakan untuk kuartal III dan juga menunda rilis chip generasi berikutnya.

Dow turun hingga 0,7 persen sepanjang minggu ini dan menghentikan kenaikan beruntun dalam tiga terakhir. S&P 500 turun 0,2 persen sepanjang pekan ini dan menjadi penurunan mingguan pertama dalam 4 minggu terakhir.

Sementara indeks saham Nasdaq turun 1,3 persen minggu ini dan menjadi penurunan mingguan back-to-back pertama sejak bulan Mei.

“Kami hidup dalam kondisi volatilitas tinggi yang konstan,” kata Johan Grahn, Kepala Strategi ETF di Allianz Investment Management.

“Kami dikelilingi oleh ketidakpastian, tidak hanya di pasar, tetapi juga di setiap sudut kehidupan sehari-hari. Sangat sulit untuk melihat volatilitas ini dan semua ketidakpastian yang menyiratkannya hilang dalam waktu dekat,” lanjut Grahn.

Saham Facebook, Alphabet, Apple dan Microsoft, semuanya yang diperdagangkan melemah bahkan Tesla turun lebih dari 6 persen. Sedangkan, Amazon dan Neflix melawan tren negatif, masing-masing naik hingga 0,6 persen.

Big Tech telah menjadi pemimpin pasar tahun ini karena investor bergulat dengan pandemi Covid-19 dan dampaknya terhadap laba perusahaan.

Amazon dan Netflix masing-masing naik hingga 62 persen dan 48 persen. Alfabet dan Facebook masing-masing naik lebih dari 12 persen dalam kurun waktu tersebut.

Namun minggu ini, saham-saham ini harus kembali berjuang keras. Facebook turun lebih dari 4 persen minggu ini dan Apple turun hingga 3,8 persen. Netflix juga tergelincir 2,5 persen selama periode waktu tersebut. Sedangkan, Microsoft dan Alphabet masing-masing turun setidaknya 0,5 persen minggu ini.