Harga Emas Ke Level Tertinggi Sepanjang Masa

Usaha Dagang – Pendemi virus corona saat ini telah menggerakkan harga emas ke rekor tertinggi sepanjang masa. Kenaikan tensi geopolitik yang terjadi antara Amerika Serikat (AS) dengan China pun ikut membakar harga emas saat ini.

Pada hari jumat 24/7, harga emas spot masih berada di US$ 1.902,02 per ons troi. Walaupun hanya terjadi penguatan sekitar 0,77% dalam sehari, harga emas ini telah mencapat level psikologis US$ 1.900 per ons troi, dimana harga ini telah melewati level tertinggi sebelumnya.

Level tertinggi untuk harga emas spot yang sebelumnya adalah US$ 1.900,20 per ons troi yang tercapat pada tanggal 5 September 2011. Kekhawatiran perlambatan ekonomi global yang dikarenakan perseteruan antara AS dengan China mungkin dapat menyebabkan pemerintah serta bank sentral berbagai negara dunia memperpanjang stimulus, ucap Tai Wong, head of base and precious metals derivative trading BMO terhadap Reuters.

China menghimbau supaya AS melakukan penutupan konsulat di Chengdu. Hal ini merupakan balasan setelah AS menyerukan supaya China menutup konsulat di Houston.

Konflik yang terjadi antara AS-China yang berlangsung lama akan menambah tenaga untuk harga emas yang sudah naik ini, hal ini juga dapat dikarenakan kasus baru virus corona yang tanpa henti. Dimana jumlah kasus baru untuk pendemi ini di AS telah melewati angka 4 juta, sedangkan total kasus secara global telah mencapai angka 15,58 juta.

Satu-satunya yang dapat membantu menurunkan harga emas adalah dengan melakukan pengembangan cepat vaksin virus corona. Sampai ini terjadi, ketidakpastian masih akan berlanjut, ucap Rhona O’Connell seorang analis StoneX terhadap Reuters.

Tidak hanya harga emas, harga logam mulia lainnya juga terdongkrak. Dimana harga perak saat ini menguat sebesar 17% dalam sepekan yang merupakan kenaikan terbesar sejak 1987. Investor melihat perak masih murah jika dibandingkan dengan emas mulia dan inlah yang turut mengangkat harga tersebut, ucap Jim Wyckoff, analis senior Kitco Metals.