Ekspor Teh Asal Sumatera Utara Mencapai Rp10,4 Miliar

Usaha Dagang, Bisnis – Kementrian Pertanian melalui Karantina Pertanian Belawan mencatat adanya ekspor teh jenis (camellia sinensis) yang keluar melalui Pelabuhan Belawan di semester I pada 2020 yang mencapai 461 ton dengan nilai Rp10,4 miliar.

Hasrul menjelaskan adanya negara yang menjadi salah satu tujuan ekspor komoditas subsektor perkebunan Sumut ialah Taiwan, Malaysia, Thailand, Vietnam, Pakistan, Brunei Darussalam, Jerman, Iran, dan China. Selama semester I ekspor teh yang melalui Pelabuhan Belawan telah melakukan sebanyak 26 kali pengiriman. Dimana hal tersebut sudah mencapai 39 persen dari total ekspor teh di Sumatera Utara pada 2019 yang mecapai 1.196 ton.

Kebun teh ini memiliki luas 6.368,25 hektar yang ditanami oleh teh berjenis varietas ortodok, dimana bisa tahan terhadap penyakit cacar daun teh Hemileia vastatrix. Dan untuk Kebun Bah Butong Sidamanik ialah perkebunan teh dibawah pengelolaan PTPN IV yang menjadikan produsen ekspor teh di Sumut. Untuk hasil dari kebun teh Bah Butong Sidamanik ini memiliki 14 macam bentuk produk teh yang tentunya unggulan ekspor.