Susi Pudjiastuti Tidak Rela Atas Dibukanya Larangan Ekspor Bibit Lobster

Usaha Dagang, Bisnis – Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) yaitu Susi Pudjiastuti menegaskan bahwa ia tidak rela jikan keran ekspor benis Lobster dibuka kembali. Dengan begitu ia tidak sepakat dalam kebijakan baru yang diberikan Menteri KKP Edhy Prabowo.

Susi Pudhiastuti menyatakan bahwa ‘Saya memang tidak rela kalau bibit lobster diekspor kembali. Saya rakyat biasa yang tidak rela bibit diekspor,’ Ungkapnya dalam Twitter pribadinya. Ia menuliskan hal tersebut dalam Twitternya yaitu pada pukul 16.00 WIB, diunggahanya mendapatkan 363 komentar hingga jam 20.15 WIB.

Diketahui Edhy telah mencabut aturan larangan ekspor benih lobster yang sebelumnya diterbitkan oleh Susi. Pencabutan yang sudah tercantum dalam Peraturan Menteri KP Nomor 12/Permen-KP/2020 tentang Pengelolaan Lobster (Panulirus spp), dan juga kepiting (Scylle spp), begitu juga dengan Rajungan (Portunus spp) di wilayah Indonesia. Namun dalam aturan tersebut ada beberapa syarat bagi pihak-pihak yang ingin mengekspor benih lobster, dimana sudah dijabarkan dalam pasal 5 Ayat 1. Dalam pasal tersebut disebutkan bahwa pengeluaran benih-benih lobster dengan harmonized system code 0306.31.10 di wilayah Indonesia hanya dapat dilakukan dengan beberapa ketentuan saja.

Diketahui bahwa Edhy sudah mencabut adanya aturan larangan ekspor benih lobster yang sebelumnya sudah diterbitkan oleh Susi. kendati ekspor sudah dibuka dan Menteri Edhy mengklaim adanya prioritas utama pemerintah adalah mengembangkan adanya budidaya Lobster. Pasalnya dalam satu lobster bisa menghasilkan sekitar satu juta telur.