Dari 93 Kelompok Budi Daya Ikan Air Tawar Tengah Pacu Produksi do Bangka

Usaha Dagang, Bisnis – Pemkab Bangka Tengah, di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang telah membina 93 kelompok budi daya ikan air tawar yang tujuanya untuk meningkatkan produksi.

Penjelasan dari Kepala Dinas Perikanan Bangka Tengah, Taudik menyatakan bahwa sebanyak 93 kelompok budi daya ikan air tawar yang tersebar di enam kecamatan itu merupakan binaan dari pemerintah. Dimana mereka sudah berkembang dan maju. Ia juga menjelaskan untuk pembinaan terhadap 93 kelompok perikanan budi daya itu dalam rangka mendorong peningkatan produksi air tawar yang ada berbagai jenis.

Bagi mereka yang bergabung dalam kelompok itu tidak hanya mendapatkan pembinaan dari penyuluh, melainkan mendapatkan bantuan sarana pendukung seperti bibit dan pakan ikan. Dalam permintaan pasar terhadap ikan air tawar dalam tiga tahun terakhir ini terus meningkat terutama jenis ikan lele bioflok. Dimana dalam satu tahun itu permintaan pasar bisa mencapai 500 ton.

Bahkan untuk permintaan tidak hanya dari dalam kabupaten, tetapi juga berasal dari luar daerah yang dengan harga relatif stabil. Serta disejauh ini persediaan ikan lele mampu untuk memenuhi permintaan, terutama lele yang diproduksi oleh 93 kelompok budi daya selama ini di bina.