3 Solusi Tepat Atasi Hutang Yang Tak Kunjung Lunas!

Usaha Dagang, Keuangan – Tidak ada satupun orang yang merencanakan untuk memiliki utang kepada siapapun. Tetapi ada banyak alasan mengapa orang-orang tetap melakukannya, seperti kehilangan pekerjaan, kondisi medis yang tidak terduga atau kenaikan biaya hidup.

Diluar dari semua alasan tersebut, dan berapa banyak yang harus dibayar, dengan manajemen dan ketekunan, memungkinkan Anda untuk mengatasi masalah keuangan.

Kunci utama dalam mengelola utang adalah tidak menyerah. Langkah awal yang harus dilakukan untuk mengatasi utang adalah dengan mengetahui apa yang terhutang dan memahami situasi utang seseorang.

Berikut 3 strategi yang bisa anda jalankan agar nantinya bisa melunasi utang dengan teratur sekaligus keuangan terjaga,

1. Lihat situasi keuangan

Mulailah dengan menyortir utang-utang ini ke dalam kategori yang lebih spesifik, yang dapat dilihat dari: utilitas, sewa atau hipotek, pinjaman bank, pinjaman, utang pribadi, dan kartu kredit. Kemudian tentukan kategori mana yang paling membutuhkan perhatian.

Misalnya, tidak ada yang lebih buruk daripada berutang pada teman atau anggota keluarga. Jadi hutang ini harus selalu dilunasi dulu. Hutang ini bahkan dapat menyebabkan tindakan hukum jika mereka dibiarkan tetap menumpuk.

 

2. Mengukur prioritas

Meskipun meminjam uang mungkin merupakan kebutuhan pada saat itu, suku bunga seringkali dapat mengalahkan rencana pembayaran Anda menjadi lebih lama.

Daftarkan hutang dalam urutan suku bunga tertinggi hingga terendah. Mereka yang memiliki tingkat bunga tertinggi harus menjadi perhatian No. 1 karena akan lebih sulit untuk dilunasi, jika terus dibiarkan.

Kemudian pertimbangkan rencana pembayaran mulai dari jumlah terbesar untuk hutang Anda, atau mungkin membayar tingkat bunga yang lebih tinggi, dengan sumber lain pada tingkat yang lebih rendah, kemudian tangani pembayaran yang lebih mudah dikelola.

Membayar saldo minimum hanya akan menopang hutang, penting untuk membayar apa yang terutang pada pernyataan untuk mengurangi hutang. Dan perlu diketahui untuk pentingnya perbedaan antara utang baik dan utang buruk.

 

 

3. Buat rencana pembayaran utang

Buat kalender penagihan bulanan untuk melacak pembayaran. Sertakan siapa dan apa yang menjadi hutang Anda untuk melindungi keuangan Anda dengan lebih baik.

Setelah ditentukan, utang mana yang menjadi prioritas pertama untuk pembayaran, buatlah rencana yang dapat ditambahkan ke kalender ini.

Ketika bekerja dengan satu atau dua hutang prioritas tinggi, terus lakukan setidaknya pembayaran minimum kepada orang lain untuk menghindari biaya keterlambatan.

Anda dapat meminta bantuan dari penasihat keuangan untuk membantu jika Anda gagal membayar hutang, atau hutang tidak dapat dikendalikan.

Bersabarlah tentang mengurangi atau menghapus hutang. Jalan menuju kebebasan utang mungkin panjang, jadi pastikan rencana itu sekaligus mempertimbangkan pekerjaan jangka panjang yang mungkin diperlukan pengurangan utang.

Simpan kalender dengan laporan terbaru dan rencana pengurangan utang baru, di area yang sering digunakan di rumah, dan jangan lupa untuk memantau perkembangan pembayaran hutang Anda.

Tetap terorganisir serta memahami sifat situasi utang khusus Anda, dapat membantu menciptakan rencana unik yang tepat untuk setiap individu dan kebutuhan keuangan Anda.