Pemerintah Taksir Untuk Kebutuhan Garam Mencapai 4,5 Juta Ton di Tahun Ini

 

 

Usaha Dagang, Bisnis – Pemerintah menyampaikan kebutuhan garam terus meningkat di tahun ini, tentunya di tahun ini kebutuhan garam diperkirakan mencapai 4,5 juta ton dibandingkan dengan tahun sebelumnya hanya 3juta ton saja.

Safri Burhanuddin selaku Deputi Bidang Sumber Daya Maritim dan Investasi mengungkapkan bahwa Indonesia sudah mencapai awasembada garam dan tentunya sudah bisa memproduksi hingga 3,5 juta garam. Dan kebutuhan komoditas tersebut terus meningkat. Menurut ia kebutuhan garam sekarang meningkat karena adanya kebutuhan industri. Untuk itu sedang di lakukan upaya untuk meningkatkan kualitas dan produksi garam dengan luas lahan yang meningkat hampir 30 hektare lebih. Tidak lupa ia juga mengatakan pemertintah untuk mendorong intensifikasi lahan garam.

 

Pemerintah juga telah meminta kepada PT Garam (Persero) untuk mendorongnya metode pergaraman yang tentunya lebih modern sehingga bisa meningkat. Lebih lanjut lagi meski kebutuhannya yang di bilang cukup tinggi, pemerintah juga memasangkan target untuk memproduksi di kisaran 3,5 juta ton sampai 4 juta ton di tahun ini. Pemerintah juga sedang berupaya untuk menekan adanya impor garam dengan mendorong produksi tanpa lahan garam seperti dengan metode yang di ambil atau di manfaatkan PLTU batu bara yang ada di Cilegon, Banten. Semau ini dilakukan untuk mengurangi impor, imbuhnya.