Mendag Cabut Adanya Larangan Ekspor Masker dan APD

Usaha Dagang, Bisnis – Menteri perdagangan Agus Suparmanto membuka adanya kembali izin ekspor bahan baku masker, dari masker jadi, dan Alat Pelindung Diri (APD) di tengah adanya masa PSBB menuju new normal.

Di izinkan kembali untuk mendongkrak kinerja perdagangan yang khususnya ekspor Indonesia. Perizinan tersebut terdapat dalam Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 57 Tahun 2020 tentang ketentuan adanya suatu ekspor bahan baku masker dan alat pelindung diri. Bersamaan dengan diterbitkanya beleid tersebut. Maka larangan ekspor yang sebelumnya diberlakukan resmi dicabut.

Ketentuan larangan ekspor ini sebelumnya sudah tertuang dalam Permendag Nomor 23 tahun 2020 tentang adanya larangan sementara ekspor antiseptik, bahan baku masker, dan pelindung diri atau APD, dan masker. Dimana aturan ini memiliki adanya durasi pemberlakuan sejak 18 Maret sampai 30 Juni di 2020.

Kebijakan ini diambil untuk dukungan pemerintah agar sekto ekspor kembali bangkit. Khususnya ekspor industri kesehatan, sebab ini merupakan waktu yang sangat tempat untuk peningkatan ekspor barang karena pandemi covid-19 masih menerpan dunia.