Erick Thohir: Sumber Daya Alam Besar Lalu Kenapa Mesti Impor

Usaha Dagang, Bisnis – Indonesia mempunyai potensi sumber daya alam (SDA) yang besar. Namun sayangnya menurut Menteri BUMN Erick Thohir, Indonesia malah mengandalkan impor daripada memaksimalkan potensi yang ada selama ini.

“Dari produk lokal, oleh warga bisa dijadikan produk nomor satu. Namun untuk biaya sehat kenapa mahal? Karena untuk alat kesehatan dan obat semuanya impor, padahal ada kekuatan herbal. Dalam jangka panjang tidak ada komitmen yang harus diubah. Padahal banyak potensi besar di Indonesia karena punya market dan juga kaya akan sumber daya alam,” kata Erick, Sabtu (13/6).

Namun dengan adanya potensi disertai SDA yang besar tersebut menurut Erick belum dapat dimaksimalkan karena adanya kendala logistik dan juga teknologi. Sehingga untuk ke depannya Erick berharap ada perbaikan di kedua sektor tersebut.

Potensi sumber daya alam di Indonesia dapat semakin terjangkau apabila teknologi dan logistik mengalami pengembangan. Namun jangan sampai mengesampingkan kualitas dan ketersediaan produk atau barang yang akan dihasilkan.

Indonesia menurut beberapa media asing tidak siap dengan adanya wabah virus COVID-19 ini. Namun hal tersebut terbantahkan oleh Erick, karena menurutnya Indonesia bisa menonjolkan sejumlah keunggulan seperti diantaranya adanya sikap gotong royong dan praktek telemedicine.

“Tidak seperti bangsa lain, dalam sehari masyarakat Indonesia mandi dua kali sehari. Dan masyarakat kita makan menggunakan tangan dan setelah makan cuci tangan. Dengan demikian kita harus bisa mengubah paradigma di semua sektor seperti ekonomi, keuangan, geopolitik, dan lain-lain. Inilah kesempatan kita untuk menggabungkan supply chain,” ujarnya.