209 Proyek Ditawarkan Ridwan Kamil Seharga Rp700 T ke Investor

Usaha Dagang, Bisnis – Ridwan Kamil selaku Gubernur Jawa Barat menawarkan 209 proyek kesejumlah investor demi menggenjot ekonomi di daerahnya yang turut menjadi tertekan karena adanya virus corona.

Untuk total nilai proyek yang ditawarkan mencapai Rp700 triliun, ia menjabarkan bahwa proyek tersebut 60 diantaranya untuk sektor transportasi. Air 36, 30 pemukiman dan perumahan, dan 21 proyek yang lainya. Ia juga menambahkan penawaran karena kebutuhan terhadap pembangunan infrastruktur di daerahnya yang cukup besar. Diketahui bahwa dana yang dimiliki oleh Jawa Barat cukup terbatas, penduduk yang hanya 50 juta orang. Maka dari itu kami butuh infrastruktur yang besar tapi dana yang kami butuh tidak cukup. Maka sebab itu kami menawarkan ada sekitar 209 proyek investasi yang kami tawarkan ke seluruh dunia ungkapnya.

Ia juga membeberkan dengan investasi digenjot karena pihaknya mencoba menghindari pembangunan infrastruktur dengan hutang. Dalam pembangunan ini juga kami bisa terima cash nya seperti municipal bond atau sama dengan obligasi daerah atau pinjaman bank. Jabar sebenarnya lebih menyukai dengan konsep KPBU atau disebut public private partnership, dimana proyeknya dilaksanakan dan dibangun baru kami bayar dikemudian hari.

Ridwan Kamil juga meyakini bahwa tawaran pihaknya akan diminati oleh investor. Karena sudah ada beberapa proyek yang siap dikerjakan yang melibatkan kerjasama pemerintah dengan badan usaha. Proyek yang siap dikerjakan yaitu waste to energy senilai Rp100 miliar, water treatment plant, dan LRT Bandung raya. Selain dengan investasi berbentuk proyek, Ridwan Kamil juga membuka pintu bagi investasi di sektor industri. Dimana pihaknya sudah menyiapkan 11 kota dengan kualitas new high technology zone atau kota yang mempunyai zona berteknologi tinggi di bagian industri.