Stok Beras Menjelang Lebaran, Amankah?

Usaha Dagang, Bisnis – Ketersediaan pangan menjelang lebaran dipastikan aman oleh Perum Bulog. Dan beberapa provinsi yang dikabarkan mengalami defisit beras oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat ini dinilai aman dan terkendali.

Menurut Direktur Operasional dan Pelayanan Publik Bulog, Tri Wahyudi Saleh bahwa semua stok beras yang berada di 7 provinsi sudah tersedia semua. Dan semua stok yang berada di gudang di seluruh Indonesia sudah diantisipasi oleh Bulog.

Untuk di daerah Sulawesi Selatan sudah dilakukan penyebaran stok karena kebetulan di daerah tersebut sedang dalam masa panen. Kemudian selanjutnya dikirim ke Nusa Tenggara Barat (NTB), Nusa Tenggara Timur (NTT) dan Bali. Selanjutnya Tri Wahyudi mengatakan untuk pengiriman ke daerah-daerah di Sumatera dan Kalimantan akan dikirimkan dari pulau Jawa.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo saat rapat kerja virtual bersama Komisi IV DPR RI mengemukakan untuk 7 provinsi yang diawal mengalami defisit, sekarang yang tersisa hanya pulau Riau, Kepulauan Riau (Kepri), Bangka Belitung (Babel) dan yang terakhir yaitu Maluku Utara.

Per 15 Mei 2020 perum Bulog mencatat untuk stok beras di gudang bulog yang ada di seluruh Indonesia berjumlah 1.428.028 ton. Dengan demikian stok dipastikan akan aman hingga saat lebaran nanti. Mengenai mekanisme stok menurut Tri, bulog memiliki minimum stok dimana ada 1/3 dalam gudang, 1/3 dalam perjalanan laut maupun udara, dan yang 1/3 nya lagi dalam perjalanan dari gudang pengirim. Tri Wahyudi memastikan dan meyakini penyebaran stok pemerintah dalam kondisi aman.

Dalam upaya untuk memastikan apakah stok beras akan terus aman, saat ini sedang dilakukan penyerapan gabah dan beras yang dihasilkan petani. Dan diperkirakan petani akan mengalami masa panen di bulan Mei dan Juni. Saat ini Bulog masih melakukan penyerapan gabah dan beras sekitar 15.000 ton per hari dan diharapkan bisa mencapai 20.000 ton per hari saat puncaknya nanti di bulan Juni.

Berlanjut di bulan Agustus dan September diperkirakan akan terjadi panen kembali. Hal ini membuat Tri Wahyudi sangat yakin stok akan bisa bertahan hingga akhir tahun.