Prancis Buka Lockdown Penjualan Buku Moroket 230 Persen

Usaha Dagang, Bisnis – Persentase penjualan buku kini mencapai 230 persen dalam sepekan ini. Penjual buka mengalami lonjakan harga yang tinggi seiring dengan pelonggaran lockdown di Prancis. Hal ini mengakibatkan penjual buku terus naik dalam periode 11-17 Mei.

Pembelian buku terus meningkat signifikan karena perpustakaan umum masih belum belum buka karena pandemi Covid-19. Banyaknya toko buku yang kembali buka saat di longgarkanya lockdown, hal tersebut di sambut baik oleh pembeli buku yang melakukan transaksi baik di toko maupun daring. Meskipun penjual buku mengalami pelonjakan luar biasa setelah pelonggaran lockdown. Sehingga seluruh penjual buku mengalai penurunan, dan penurunan tersebut mencapai 60 persen.

Penurunan ini pun berdampak pada perusahaan penerbit, sehingga para penerbit tersebut mengklaim pendapatan mereka kini turun hingga 80 persen akibat adanya virus corona atau Covid-19. Dengan hal nya Prancis merupakan salah satu negara dengan memiliki banyak toko buku independen ketimbang dengan negara-negara di benua Eropa. Sehingga harga di toko ini terproteksi dan melindungi mereka dari diskon buku yang ada di peruhaan raksasa di Amazon.

Namun, dengan adanya kabar baik bahwa harga buku drastis naik tapi hal ini tidak menyenangkan bagi para penerbit buku di Prancis. Mereka juga mengalami hal sama dengan perusahaan di berbagai macam karena adanya pandemi Covid-19.