Pengecekan Pencairan Dana Bansos Tunai di Pekalongan oleh Mensos

Usaha Dagang, Keuangan – Pencairan dana bantuan sosial (bansos) tunai di beberapa kota sudah mulai dicairkan oleh pemerintah. Salah satu kota yang mendapatkan bantuan sosial tersebut yaitu di kota Pekalongan.

Untuk pengecekan dilakukan sesuai dengan protokol Kesehatan dalam rangka pencegahan virus Corona. Dan untuk prosesnya akan dilakukan oleh Menteri Sosial Juliari P Batubara dengan melakukan peninjauan langsung di Kecamatan Bojong, Kabupaten Pekalongan.

Kehadiran Juliari tersebut atas arahan Presiden Joko Widodo agar bisa dipastikan penyaluran bantuan sosial tunai (BST) tersebut dapat berjalan dengan lancar dan terkendali. Untuk penyaluran tahap pertama dipastikan akan selesai sebelum lebaran dan akan dilanjutkan setelah lebaran untuk tahap selanjutnya.

Di Provinsi Jawa Tengah sebagai penerima BST lanjut Juliari sebanyak 1.193.445 keluarga penerima manfaat (KPM). Kemudian menurut Bupati Pekalongan, Asip Kholbihi untuk Kecamatan Bojong berjumlah 2.416 KPM sehingga total KPM bansos tunai di pekalongan berjumlah 10.754 KPM.

Asip pun mengatakan untuk penyaluran BST tahap I dipastikan sudah tersalurkan sebanyak 100% sesuai dengan yang ditargetkan dan semuanya sudah terlayani. Rombongan Juliari seusai melakukan pemantauan pencairan bansos tunai kemudian akan langsung menuju ke Jakarta.