Peluang Bertahan di Pandemi Covid-19, Luwu Timur Ekspor Lada Putih ke China

Usaha Dagang, Bisnis – Di tengah pandemi Covid-19, sekelompok petani yang ada di Desa Nuha, Luwu Timur, Sulawesi Selatan ini telah mengekspor lada putih kualitas premium ke China.

Direktur Jendral perkebunan Kementan yaitu Subagyono menjelaskan bahwa ekspor lada putih ini dilakukan dari pelabuhan Makassar menuju Shanghai China. Lada putih premium yang di ekspor ke China sebanyak 10 kontainer dengan nilai Rp 13 miliar. Hal ini menjadikan sektor perkebunan memiliki peluamh untuk bertahan di tengan pandemi Covid-19.

Berdasarkan data BPS yang sudah di olah Ditjen Perkebunan, China menempati urutan ke-2 dengan tujuan ekspor lada Indonesia setelah Vietnam. Dimana volume ekspor lada putih ke China ini mencapai 6.689 ton dengan nilai 21,06 juta dolar AS. Kasdi juga mengatakan ekspor lada putih dari Luwu Timur ialah bagian upaya percepatan produksi komoditas di sektor perkebunan.

Melalui program meningkatkan produksi ini, nilai tambah daya saing atau Grasida diharapkan pada 2024 ekspor komoditas perkebunan bisa meningkat menjadi tiga kali lipat dimana itu semua merupakan target Gerakan Tiga Kali Ekspor (Gratieks) yang sudah direncanakan Kementan.