Menteri KKP Mengusulkan Perindo dan Perinus Dapat PMN sebesar Rp500 Miliar

Usaha Dagang, Bisnis – Edhy Prabowo selaku Menteri Kelautan dan Perikanan manggajukan sebuah pernyataan modal negara (PMN) tentunya kepada dua Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Dimana semia bergerak di sektor perikanan sebesar Rp500 miliar untuk masing-masing perusahaan. Yang di maksud dua perusahaan ini adalah Perum Perikanan Indonesia atau Perindo dan PT Perikanan Nusantara atau Perinus. Dalam pernyataannya menurut Edhy, Menetri Keuangan yaitu Sri Mulyani dan Menteri BUMN Erick Thohir secara prinsip tidak adanya masalah, ungkapnya.

Namun Menteri Keuangan Sri Mulyani meminta adanya sebuah proposal dahulu terkait adanya penggunaan dana Rp500 miliar tersebut. Dan untuk selanjutnya PMN akan di proses oleh Kementrian Keuangan. Menurut Edhy dengan adanya suntikan dana tersebut berharap ikan di lapangan bisa lebih baik lagi tentunya dan juga dampak positif bagi pendapatan nelayan. Tidak hanya suntikan dana, Menteri Edhy pun meminta persetujuan kepada Kementrian BUMN untuk melakukan pengimbauan kepada Himpunan Bank Milik Negara untuk mempermudah penyaluran kredit untuk nelayan.

Tidak berhenti disitu, ia juga meminta adanya tambahan biaya sebesar Rp1,24 triliun untuk memberikan stimulus bagi nelayan di tengah penyebaran virus corona di tahun ini. Sebagian besar dana yang senilai Rp413,27 miliar akan digunakan untuk memberikan bantuan untuk para nelayan. Rp406,55 miliar akan digunakan untuk pembudidaya, serta pengelola dan pemasaran sebesar Rp36,07, dan terakhir bantuan untuk petambak garam sebesar Rp54,1 miliar.