Menteri Edhy Resmi Mencabut Larangan Ekspor Benih Lobster

Usaha Dagang, Bisnis – Edhy Prabowo selaku Menteri Kelautan dan Perikanan resmi mencabut aturan larangan ekspor benih lobster yang diterbitkan oleh Susi Pudjiastuti yang dulu telah membuat larangan tersebut.

Pencabutan yang di lakukan Menteri Edhy sudah tercantum dalam peraturan Menteri KKP dengan Nomor 12/Permen-KP/2020 tentang Pengelolaan Lobster (Panulirus sp), Rajungan (Portunus spp) dan Kepiting (Scylla spp) yang ada di Indonesia. Ada beberapa syarat bagi pihak-pihak yang akan mengekspor benih lobster, hal itu sudah dijabarkan dalam pasal 5 Ayat 1 dimana isinya tentang :
Kuota dan lokasi penangkapan benih-benih lobsterb tersebut harus sesuai dengan adanya hasil kajian dari komisi Nasional Pengkajian Sumber Daya Ikan. Dan untuk eksportir harus melakukan adanya kegiatan budidaya lobster di dalam negeri yang harus melibatkan masyarakat.

Selain itu ekspor benih lobster juga harus dilakukan melalui bandara khusus yang sudah di tetapkan oleh badan penyelenggara tugas dan fungsi karantina ikan. Benih lobster juga harus diperoleh dari nelayan kecil yang sudah terdaftar di kelompok nelayan. Tidak hanya itu waktu ekspor yang akan di lakukan harus berdasarkan ketersediaan stok yang ada di alam, lalu penangkap benih lobster harus di tetapkan oleh direktorat jendral khusus yang menyelenggarakan tugas dan fungsi di bidang perikanan tangkap. Untuk syarat yang terakhir eksportir harus terdaftar di direktorat jendral yang menyelenggarakan tugas dan fungsi di bidang perikanan tangkap tersebut.