Krakatau Steel Meraih Laba Pertama Dalam 8 Tahun

Usaha Dagang, Bisnis – PT Krakatau Steel (Persero) Tbk menyatakan telah berhasil meraih laba bersih yaitu sebesar US$74,1 juta atau setara Rp1,08 triliun. Dimana semua itu terjadi pada triwulan I 2020, dan itu merupakan yang pertama kalinya dalam 8 tahun terakhir ini.

Silmy Karim selakuk Dirut Krakatau Steel mengatakan bahwa perolehan labar tersebut terjadi akibat adanya penurunan yang di beban pokok pendaftaran yang sebesar 39,8 persen. Dimana biaya tersebut merupakan administrasi dan umum sebesar 41,5%. Beberapa upaya yang telah dilakukan oleh Perseroan untuk memperbaiki adanay kinerja diantaranya melalui program restrukturisasi dan transformasi.

Tentunya ada satu hal positif yang sudah dicapai oleh Perseroan adalah dengan penurunan biaya operasi induk berupa 31 persen menjadi US$46,8 juta di bandingkan dengan periode yang sama di tahun sebelumnya. Pada tahun 2020 ini, ia mengklaim adanya kinerja meningkat 43 persen jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya, selain itu juga beban penggunaan energi consumable, biaya tetap, utility dan tentunya suku cadang yang mengalami penurunan. Total penurunan biaya tersebut mencapai 28 persen.

Sementara untuk adanya case to cash cyle juga mengalami adanya percepatan siklus selama 40 hari atau sekitar 41% pada bulan Desember 2019 di banding tahun 2018. Meskipun adanya kinerja yang mulai membaik, Silmy mengatakan triwulan II 2020 kemungkinan masih ada beban yang berbeda.