Harga Petai Sangat Murah Dibandingkan Dengan Harga Jengkol

Usaha Dagang, Bisnis – Harga petai di sejumlah pasar tradisioanal yang ada di Indonesia, khususnya di Bandar lampung ini tergolong sangat murah dan tentunya terjangkau.

Harga petai satu papan nya dijual dengan harga Rp500 hingga Rp1.000 rupiah per batang. Beda halnya dengan harga jengkol yang kian melonjak naik 50%, yaitu dengan harga Rp40 ribu. Untuk harga petai yang kian murah ini di sebabkan oleh adanya musim panen petai di sejumlah daerah. Bila musim petai memang sangat mudah untuk menemukan petai tapi apabila sedang tidak panen harga petai melonjak naik di harga Rp2.000 sampai Rp3.000 per papan nya.

Biasanya untuk musim panen petai ada di bulan Januari, rata-rata petani langsung stor ke pengepul untuk segera di kirim ke Jakarta dan daerah di Pulau Jawa. Menurut Naning salah seorang pedagang pasar yang menjual petai, menurutnya untuk memenuhi kebutuhan konsumen dirinya cukup menyiapkan delapan hingga sepuluh ikat petai untuk di jual di pasar. Dengan satu ikat isi 100 papan yang di jual sekitar Rp55.000 hingga Rp65.000 per ikatnya. Sedangkan untuk pembeli satuan atau papan Rp1.000.