Harga Minyak Mulai Menaik Karena Adanya Pelonggaran Lockdown

Usaha Bisnis, Dunia – Penguatan harga minyak di topang oleh adanya rencana disejumlah negara untuk melonggarkan penguncian wilayah atau lockdown virus corona. Dengan ini harga minyak mentah dunia kembali menguat pada perdagangan.

Minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) naik 61 sen atau 3,1 persen yaitu ke US$20,39 per barel untuk pengiriman juni. Sementara untuk minyak mentah berjangka Brent yang di kirim Juni naik 76 sen atau 2,9 persen dari posisi US$27,20 per barel. Diketahui bahwa Negara Italia, Finlandia, dan beberapa wilayah negara AS akan berencana untuk melonggarkan lockdown. Upaya ini bertujuan agar ekonomi mereka bangkit kembali. Namun sejumlah pihak memperingatkan mereka untuk tidak bertindak terlalu cepat karena virus corona masih melewati 3,5 juta orang bahkan korban meninggal mendekati seperempatnya.

Rencana pelonggran lockdown ini sangat mendukung kebijakan produksi oleh Organisasi Negara Pengekspor Minyak (OPEC). Dimana organisasi produksi ini sebesar 9,7 juta barel per harinya. Para analis mengatakan bahwa pelonggaran lockdown ini dapat membantu efektivitas pengurangan produksi.