Harga Minyak Anjlok, Tidak Bisa Bongkar Muatan Puluhan Kapal Tanker Parkir Rapi Di Laut

Usaha Bisnis, Dunia – Sebanyak 30 kapal tanker yang mengangkut minyak memenuhi teluk Mexico dan pantai barat Amerika Serikat (AS) dalam kondisi muatan penuh. Termasuk 14 kapal yang berukuran raksasa juga ikut penuh.

Kapal tanker ini membawa minyak asal Arab Saudi, dimana muatan tersebut membawa minyak mentah yang tidak bisa di bongkar untuk di salurkan ke tanki-tanki penimbunan. Karena tanki penimbunan tersebut juga masih dalam posisi penuh. Menurut analisis Rystad Energy, total minyak sebanyak 43 juta barel di lambung kapal-kapal tersebut. Diperkirakan masih akan bertambah pada rentang sebulan ke depan. Sekitar 76 tanker masih ada untuk bongkar muatan di pelabuhan AS, minyak yang diangkut dari Ras Tanura, kota pelabuhan Arab Saudi di Pesisir Teluk Persia dan tempat peyaluran ekspor minyak ke mancanegara.

Dampak COVID-19 menyebabkan perlambatan aktivitas ekonomi dan industri secara global. Dimana kejadian ini menyebabkan penurunan permintaan minyak dunia, dan menyebabkan harga minyak yang sangat rendah. Harga minyak jenis West Texas Intermediate (WTI) ini hanya di kisaran USD 20 per barel, sedangkan untuk harga minyak Brent di kisaran USD 25 per barel. Jenis OPEC Basket akan lebih rendah lagi di kisaran USD 15 per barel. Penuhnya tanki tanki penyimpanan membuat para produsen minyak mulai mempertimbangkan opsinya yaitu menutup sumur mereka.