Ditengah Pandemi Corona Ekspor Manggis ke China Naik 2 Kali Lipat

Usaha Dagang, Bisnis – Kementrian Pertanian mencatat adanya sebuah peningkatan permintaan fasilitasi dalam ekspor buah manggis ke Negeri tirai bambu atau China sebesar 111 persen dalam periode kuartil pertama di tahun 2020.

Badan karantina pertanian mencatat adanya ekspor yang tinggi terhadap ekspor buah tropis eksotik sebanyak 34,71 tpn dengan total pengirimannya kurang lebih 1.829 kali. Ali Jamil selaku Kepala Barantan menilai adanya hal ini merupakan kabar baik, mengingat terjadinya pandemi Covid-19 yang mewabah di Indonesia. Ia juga menyebut berdasarkan data informasi data sertifikasi ekspor buah manggis menunjukan peningkatan.

Semakin banyak negara saat ini yang mengakui manfaat buah manggis, selain menjadi konsumsi daging buah kulit manggis juga baik digunakan untuk bahan baku industri farmasi dan kosmetik. Total keseluruhan dari ekspor manggis dari bulan Januari hingga April 2020 ini sebanyak 45,33 ribu dengan pengiriman kurang lebih 4,427 kali. China juga mendominasi daftar negara tujuan di antaranya Australia, Malaysia, Uni Emirat Arab, Saudi Arabia, Belanda, Prancis.

Turhadi, yang merupakan Kepala Bidang Karantina Non Benih menjelaskan bahwa keberhasilan komoditas buah manggis ini menembus pasar global dimana ini merupakan pencapaian penting. Hal ini pun dikarenakan China memiliki persyaratan teknis ketat yang menetapkan standar baku dan juga mutu tertentu.