Dibekukannya Produk Reksa Dana Milik Sinarmas Oleh OJK

Usaha Dagang, Keuangan – Pemberian suspensi atau pembekuan sejumlah produk reksa dana dikabarkan telah dijatuhkan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) kepada Sinarmas Asset Management. Salah satu agen penjual reksa dana Sinarmas PT Bibit Unggul Bersama (Bibit.id) ┬átelah menginformasikannya kepada para penggunanya.

Untuk mencapai harga jual yang wajar menurut pihak Sinarmas sangat sulit dilakukan. Hal tersebut dikarenakan telah terjadi keterbatasan volatilitas harga obligasi serta semakin ketatnya likuiditas di pasar.

Karena hal itulah pencatatan harga asset dilakukan lebih konservatif dan berada di bawah harga pasar sehingga tidak sesuai dengan ketentuan harga wajar yang sebelumnya telah ditetapkan pada kedua produk Reksadana yaitu Danamas Mantap Plus dan Simas Syariah Pendapatan Tetap. Penyesuaian harga asset menurut Direktur Sinarmas Asset Management Jamial Salim telah dilakukan seiring dengan mulai membaiknya pasar.

Untuk itu mengenai semua produk yang dipasarkan, perusahaan dikabarkan sepenuhnya akan bertanggung jawab. Dan pengimbauan kepada nasabah agar tidak perlu khawatir telah dilakukan dikarenakan suspensi OJK hanya bersifat sementara terutama terhadap pembelian baru. Dan nasabah bisa menjual produk reksa dananya setiap saat sesuai dengan ketentuan yang berlaku di seluruh kantor cabang Sinarmas Asset Management.

Kurang lebih ada sekitar 7 produk reksa dana milik Sinarmas yang diumumkan Bibit kepada nasabahnya telah disuspensi oleh OJK sehingga transaksi tidak bisa dilakukan untuk sementara waktu. Berikut produk-produk reksa dana milik Sinarmas yang dimaksud, antara lain Danamas Pasti, Danamas Stabil, Danamas Rupiah, Danamas Rupiah Plus, Simas Syariah unggulan, Simas Syariah Berkembang serta yang terakhir Simas Saham Unggulan.