Cara Membuat Pakan Pelet Ikan Dari Cacing Tanah

Usaha Dagang, Usaha Dagang Bertani – Cacing tanah biasanya banyak di manfaatkan untuk campuran kosmetik, suplemen kesehatan, dan obat – obatan. Cacing tanah merupakan hewan yang berpotensi menjadi bahan makanan berprotein tinggi di atas 70%. Budidaya cacing tanah ini relative sangat mudah, efisien dan murah, dimana untuk membudidayakan cacing ini hanya dibutuhkan suatu media berupa kompos.

Sisa dan media ini selanjutnya dapat dimanfaatkan untuk pupuk tanaman, karena penguraian sampah organic oleh cacing tanah banyak menghasilkan unsure hara yang sangat dibutuhkan bagi pertumbuhan tanaman. Berkaitan dengan potensi cacing tanah sebagai bahan makanan sumber protein tinggi, dalam pemanfaatannya sangat beragam, seperti untuk bahan campuran kosmetika, sebagai makanan suplemen kesehatan, bahan obat – obatan terutama yang menyangkut dengan antibiotic, dan sebagai pakan ternak, khususnya untuk pakan ikan. Dan anda juga bisa membuatnya sendiri dirumah.

Adapun alat dan bahan yang digunakan untuk memanfaatkan cacing tanah sebagai pakan ikan antara lain adalah alat penggiling tepung, alat penggiling daging, baskom, tepung cacing, telur ayam, terigu, dedak, dan tepung kanji.

Untuk membuat tepung cacing, langkah – langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Cacing segar dipisahkan dari medianya
  • Cacing segar ini dicuci/bilasair bersih, lalu ditimbang.
  • Cacing segar dijemur oleh panas matahari di atas seng dalam 24jam dengan suhu udara 32 – 35 derajat selsius.
  • Tepung cacing ditimbang dan siap untuk digunakan.

Untuk menjadikan pelet, bahan – bahan yang harus dipersiapkan adalah kuning telur ayam yang sudah direbus, tepung kanji, terigu, dedak, tepung cacing, masing – masing ditimbang sesuai dengan analisis bahan.

Langkah – langkah pembuatan pelet ikan sebagai berikut:

  • Semua bahan dicampur dan diaduk menjadi satu.
  • Tambahkan air hangat secukupnya hingga adonan menjadi cukup kenyal. Penggunaan air harus diperhatikan seminim mungkin penggunaannya.
  • Setelah adonan terbentuk selanjutnya dicetak dengan mesin penggiling daging sehingga menghasilkan pelet basah yang panjangnya seperti mie.
  • Pelet basah tersebut dipotong – potong menjadi 0,5cm membentuk butiran – butiran.
  • Setelah peletjadi, maka pelet tersebut harus dijemur di bawah matahari seharian.
  • Kemudian pelet ditimbang dan siap digunakan.

Untuk memperoleh pelet dengan kandungan protein 35%, maka susunan ransumnya adalah:

  1. Tepung cacing 47%
  2. Telur ayam 20%
  3. Terigu 14%
  4. Dedak 18%
  5. Kanji 1%

Inilah beberapa bahan dan resep membuat pakan ikan yang bagus untuk wajib anda coba. Jika mempunyai modal lebih anda bisa membuat lebih banyak pakan pelet untuk dijual kembali