Bantuan Pemerintah Sebesar Rp 600 Ribu Kepada Petani Miskin

Usaha Dagang, Usaha Dagang Bertani – Para petani miskin dikabarkan akan menerima bantuan oleh pemerintah sebesar Rp 600 ribu. Seperti yang disampaikan oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto bahwa bantuan yang akan diberikan berupa uang tunai dan peralatan kebutuhan produksi pertanian. Total petani yang ditargetkan menerima bantuan tersebut berjumlah 2,7 juta petani.

Dalam pemberian bantuan tersebut menurut Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo akan terbagi menjadi beberapa kategori, termasuk diantaranya yaitu petani serabutan, petani yang berstatus buruh tani, dan terakhir kategori petani penggarap. Di tengah pandemi COVID-19 yang sedang melanda, para petani inilah yang akan terdampak langsung.

Nantinya, bantuan yang akan diberikan oleh pemerintah untuk para petani berupa uang tunai dan juga sarana produksi. Untuk bantuan berupa sarana produksi akan diberikan senilai Rp 300 ribu dalam bentuk pupuk, bibit dan juga obat-obatan.

“Mengenai program ini tentu saja akan sangat mudah dilakukan, karena realistis untuk bisa ditanam serta cepat dalam menerima hasilnya, karena ini juga akan membantu pasar’” ujar Yasin.

Supaya bantuan yang akan diberikan bisa tepat sasaran, Yasin akan mendata 2,7 juta petani sebagai targetnya. Dan untuk prosesnya saat ini masih dalam tahap validasi dan akan disusun secara berjenjang dari bawah.

Dari data yang telah dihimpun, target nantinya akan dimulai dari kelompok tani ke komando strategi (kostra) tani di tiap kecamatan, yang kemudian selanjutnya akan dilegalisasi oleh dinas-dinas pertanian kabupaten dan mewakili Bapak Bupati dan Gubernur. Selanjutnya Yasin mengatakan mengenai data tersebut telah diajukan kepada Menteri Koordinator Perekonomian agar bisa segera mendapatkan alokasi.