Akibat Covid-19 Harga Jeruk Naik Tiga Kali Lipat

Usaha Dagang, Bisnis – Untuk mengantisipasi adanya penyebaran virus corona yang berasal dari Wuhan China, pemerintah Indonesia menghentikan terlebih dahulu impor makanan dan minumal asal China. Dimana penghentian impor tersebut berdampak pada sektor perdagangan nasional.

Dari hasil survei dengan pemberhentikan impor tersebut berdampak pada harga buah-buahan impor yang melonjak naik khusunya jeruk sunkist, dimana harganya naik tiga kali lipat. Harga yang biasanya hanya Rp25 ribu per kilogram sekarang sudah melonjak naik dengan harga Rp75 ribu per kilogramnya. Keinakan tiga kali lipat tersebut dipicu adanya virus corona. Dengan kenaikan harga jeruk ini berdampak pada turunnya jumlah pembeli dan berkurangnya omzet penjualan sehingga sangat susah. Dampaknya pembeli berkurang dan menurun sampai 30%.

Banyak pedagang jeruk mengeluh dan berharap agar pemerintah dapat mengatasi hal ini agar harga jeruk kembali dengan normal. Pemerintah juga sedang menanggulangi masalah harga buah dan bahan pokok lainya karena dampak dari virus corona ini menyebabkan melonjaknya harga dipasaran bahan pokok seperti gula, minyak, beras, bawang merah, barang putih bahkan harga buah.