Sebut Ada PTPN II di Balik Tingginya Harga Gula Rp17 Ribu

Usaha Bisnis, Dunia – Pada dasarnya Kementrian Perdagangan bersama Kabareskrim menemukan kegiatan lelang harga gula dengan harga di atas Harga Eceran Tertinggi (HET). Dimana harga gula Rp12.500 per KG, yang dilakukan oleh PT Perkebunan Nusantara II (Persero) atau PTPN II.

Agus Suparmanto selaku Menteri Perdagangan menuding sebuah kegiatan lelang di atas HET tersebut. Yang menjadi salah satu penyebab harga gula eceran di masyarakat melangit dengan tembus harga Rp17.000 ribu per kilogram. “Ada beberapa temuan hasil kerja bersama Kabareskrim, terjadinya lelang harga gula Rp12.900 per kg sehingga mengakibatkan harga di distributor menjadi Rp15.000 per kg dan untuk agen dipasaran sendiri melonjak ke Rp17.000 ribu per kg,” tegas Agus, Selasa (28/04/2020).

Dengan adanya kasus memanipulasi harga gula pihak Kabareskrim Polri Komjen Listyo Sigit Prabowo menemukan lelang gula yang dilakukan oleh PTPN II. Karenanya, ia siap untuk memberi sanksi kepada para oknum yang di duga memanipulasi harga gula. Untuk tahap awal sanksi berupa teguran, namun apabila pelanggaran masih terjadi maka pihaknya akan menyiapkan sanksi administratif, dimana seperti pencabutan perizinan usaha maupun sanksi pidana.