Rupih Bangkit dan Menguat ke 16.445 per Dolar As

Usaha Dagang, Dunia –  Semenjak adanaya virus corona atau COVID-19 keuangan negara Indonesia menurun drastis dari dolar AS. Namun nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat telah bergerak menguat pada perdagangan hari jumat ini. Dengan itu aset beresiko menguat mengikuti penguatan indek saham AS.

Pada hari jumat ini tanggal 03/04/2020, rupiah telah buka di angka 16.445 per dolar AS. Tentunya mulai menguat di bandingkan dengan penutupan perdagangan sebelumnya yang berada di angka 16.495 per dolar AS. jika di hitung dari awal tahun bahwa rupih melemah kisaran 1860 persen dan saat ini rupiah bergerak cepat di kisaran 16.445 per dolar AS hingga 16.447 per dolar AS.

“Pagi ini saham yang berisiko yaitu seperti indeks saham Asia yang membuka kembali dan menguat mengikuti penguatan indeks saham AS. Dikarenakan prospek kenaikan harga minyak mentah dunia yang bisa mengangkat harga saham. “big cap” perusahaan minyak.
Penularan virus corona masih meningkat di seluruh dunia kecuali di China. Sehingga membuat pembatasan pergerakan yang memicu turun nya aktivitas ekonomi. Oleh karena itu rupiah masih bisa tertekan akibat corona dan dampak negatifnya berpengaruh ke perekonomian. Menurut Ariston, rupiah untuk hari ini akan bergerak di kisaran 16.350 per dolar AS sampai 16.600 per dolar AS.