Mulai 16 Maret Hingga 5 April 2020 Kantor Pajak Di Seluruh Indonesia Tutup Sementara

Usaha Dagang, Keuangan – Demi melakukan pencegahan terhadap penyebaran virus corona (Covid-19), terhitung mulai tanggal 16 Maret hingga 5 April Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan (DJP Kemenkeu) akan melakukan penutupan sementara layanan pajak di Tempat Pelayanan Terpadu pada setiap Kantor Pelayanan Pajak (KPP) yang ada di seluruh Indonesia.

Hestu Yoga Saksama yang merupakan Direktur Penyuluhan, Pelayanan, dan Hubungan Masyarakat Ditjen Pajak Kemenkeu turut menjelaskan bahwa penutupan sementara tersebut berlaku untuk Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTST) dan Layanan Luar Kantor.

Dan khusus untuk pelayanan pajak langsung seperti counter VAT Refund yang berada di bandara menurut Hestu akan tetap dibuka untuk umum namun kapasitas para wajib pajak tersebut akan dibatasi.

Wajib Pajak yang hendak menyampaikan Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan ataupun Masa bisa dilakukan secara mandiri melalui laman resmi Ditjen Pajak berupa e-filing online atau bisa juga dengan mengirimnya langsung lewat pos.

Laporan SPT Tahunan untuk tahun pajak 2019 yang akan disampaikan oleh Wajib Pajak Orang Pribadi diberikan kemudahan berupa perpanjangan batas waktu pelaporan dan pembayaran. Dimana sebelumnya yang hanya sampai akhir Maret, namun untuk kali ini diperpanjang hingga 30 April 2020 dan tidak akan dikenakan sanksi keterlambatan.

Berbeda halnya untuk pelaporan SPT Masa PPh Pemotongan periode Masa Pajak Februari 2020, dimana batas waktu pelaporannya juga hingga 30 April 2020 dan tidak dikenakan sanksi apabila terlambat melapor. Namun batas waktu pembayaran tetap berdasarkan ketentuan yang sudah diberlakukan selama ini.

Melalui laman resmi Ditjen Pajak, Wajib Pajak selain menyampaikan SPT secara online juga bisa mengajukan permohonan pembuatan Nomor Pokok Wajib Pajak baru (NPWP) baru dan permohonan Electronic Filing Identification Number (EFIN). Untuk pengaktivasian nomor EFIN bisa dilakukan melalui email masing-masing KPP sesuai domisili Wajib Pajak sedangkan untuk layanan lupa nomor EFIN selain melalui email bisa juga melalui layanan telepon ke kring Pajak 1500200.

Meskipun Kantor Pelayanan Pajak ditutup sementara, namun sebagian besar pegawainya tetap melaksanakan kewajibannya melayani masyarakat secara online meskipun pekerjaannya dilakukan dari masing-masing rumah tempat tinggal mereka.