Menteri Kelautan Dan Perikanan Lepas Ekspor Rumput Laut Ke Negeri Tirai Bambu

 

Usaha Dagang, Bisnis – Di maraknya Virus Corona yang hampir menyerang di berbagai Negara ini, tentunya tidak jadi penghalang bagi Indonesia untuk meng ekspor barang atau produk ke China.

Menteri Kelautan dan Perikanan melepas ekspor sejumlah 53 ton rumput laut yang sudah kering dari Batam Indonesia ke China. Meski Virus Corona sedang melanda wilayah Negeri Tirai Bambu ini, dalam pelepasan ekspor yang senilai lebih dari Rp 159 juta itu tidak memiliki kendala apapun. Rumput laut tersebut di produksi oleh PT. Kencana Bumi Sukses, dimana dalam sebulan perusahaan ini menghasilkan bisa 200 ton rumput laut kering. Perusahaan tersebut milik Wahyudi yang aktif sering mengirim ke Singapura, Vietnam dan China.

Dari sepanjang tahun perusahaan ini mengekspor lebih dari 1.371 ton dengan nilai harga Rp 4,48 Miliar, sedangkan untuk ekspor hari ini merupakan pengiriman ke tiga kalinya selama bulan februari 2020 dan semuanya di kirim ke China. Edhy selaku Menteri Kelautan dan Perikanan sangat mengapresiasi langkah BKIPM Batam yang mau menjemput bola ke pelaku usaha, sehingga proses ekspor lebih sangat mudah. Dari adanya Perusahaan rumput laut kering ini warga batam yang tadinya tidak berminat untuk menggeluti rumput laut sekarang beberapa warga sudah mulai tertarik untuk mencari rumput laut. Dan lebih dari 300 nelayan menggeluti rumput laut.