Kerjasama Bisnis Indonesia dan Belanda Senilai Triliunan Rupiah

Usaha Dagang, Dunia Belanda diketahui akan menanamkan investasinya senilai Rp 3 triliun lebih guna membangun pabrik susu di Indonesia. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BPKM) Bahlil Lahadalia. Untuk proses groundbreaking pembangunan pabrik susu tersebut dikabarkan sudah mulai berjalan.

Meskipun ditengah polemik adanya pandemi virus corona, Bahlil mengatakan bahwa realisasi investasi yang dikucurkan oleh Belanda tetap terus berlanjut dan tidak akan terpengaruh. Untuk realisasi tersebut menurutnya sudah berjalan sekitar 70 persen dan untuk pengurusannya akan ditangani oleh BPKM langsung.

Presiden Joko Widodo sebelumnya menyatakan bahwa Indonesia menyambut baik kerjasama bilateral bidang ekonomi dan SDM dengan negara Belanda. Karena Belanda untuk kawasan Eropa merupakan mitra dagang terbesar kedua, mitra investasi terbesar pertama serta mitra pariwisata terbesar keempat bagi Indonesia.

Dan kerjasama bisnis tersebut tidak hanya perencanaan pembangunan pabrik susu oleh Belanda di Indonesia, tapi juga meliputi berbagai bidang yang apabila ditafsir keseluruhannya mencapai sekitar 1 miliar dolar AS atau Rp 14,3 triliun.

Untuk beberapa kerjasama yang telah disepakati oleh kedua negara tersebut meliputi kerjasama yang menyangkut isu perempuan, keamanan dan perdamaian dunia, serta yang terakhir pengelolaan pengendalian penyakit menular.

Karena melihat pentingnya hubungan dan masa depan hubungan Indonesia dan Belanda maka dengan terjalinnya kerjasama tersebut diharapkan bisa meningkatkan kesejahteraan Indonesia.